Mengenal Fondasi Bangunan


Diantara bagian struktur bangunan yang letaknya paling tersembunyi adalah fondasi. Namun jangan salah meskipun tak kentara bagian ini sangatlah penting. Fondasi memiliki peranan meletakkan dan meneruskan beban bangunan atas ke tanah yang memiliki daya dukung cukup kuat.

Saking vitalnya peranan fondasi maka perlu dilakukan perhitungan teknis sehingga mampu menjamin keselamatan bangunan dari beban akibat berat sendiri bangunan maupun gaya luar seperti tekanan angin, gempa bumi dan lain-lain. Intinya sekuat apapun bangunan di atas jika tidak didukung dengan fondasi yang kuat percuma. Fondasi harus selalu kuat menahan beban, jikalau terjadi penurunan itupun ada batasan-batasan yang ketat.


Kasus yang seringkali terjadi di lapangan akibat perhitungan yang kurang tepat berakibat penurunan di atas batasan maksimal hingga rusaknya struktur di atasnya. Secara visual kerusakan akibat fondasi yang mengalami penurunan diantaranya dinding yang mengalami retak, lantai ambles, daun jendela dan pintu yang sulit dibuka. Agar hal ini tak terjadi fondasi harus dihitung dengan cermat dan diletakkan di lapisan tanah yang cukup kuat menahan beban. 

Sumber Image : Wikipedia

Birodesainrumah.com

Konsultasi Hubungi :

Call/sms : 081567611860

Email : elangjava@gmail.com
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :