Berbagai Masalah Pada Dinding Dan Solusinya


Ada berbagai masalah yang sering terjadi pada dinding rumah. Apa saja masalah tersebut serta bagaimana solusinya?

Dinding Berjamur

Jika isolasi/penyekatan dan ventilasi dalam suatu ruangan kurang baik, uap air akan diserap oleh dinding serta dapat menyebabkan timbulnya jamur. Bukalah jendela dan pasng exhaust fan untuk memperbaikisirkulasi udara.

Dinding Kopong

Dinding yang kopong seringkalidisebabkan oleh campuran beton yang salah.Campuran beton yang tepat adalah 1/3 sement d an 213 pasir. Jika campuran pasir lebih banyak dari takaran tesebut dinding pun akan kopong. Periksalah keadaan dinding apabila membeli rumah lama. Jika dinding luar terasa
lembab, catlah terlebih dahulu dengan sealer yang tahan air (water resistant). Dinding baru memerlukan sedikitnya waktu 2 minggu untuk benar-benar kering sebelum dicat. Pastikan bahwa kontraktor tidak terburuburu saat mengerjakan bangunan Anda. Jika tida( beton akan selalu lembab dan dapat menyebabkan dinding retak bila ada rembesan air.

Cat Dinding Mulai Mengelupas

Apabila dinding jamuran dan cat terlihat rnengelupas, masalahnya mungkin berasal dari rembesan air hujan. Periksalah reljendela dan pintu, pastikan tidak ada celah. Jika terlihat ada celah, tutuplah dengan campuran silikon yang tahan air.

Noda Air Pada Dinding

Apabila terdapat noda air pada dinding dan tercium bau asam, kemungkinan ada air rembesan dari pipa saluran AC atau saluran air kotor.Meskipun Anda melapisi dinding tersebut dengan sealant yang tahanair, sealant tidak akan menempel jika dinding terlalu 'basah'.

Sumber : dari berbagai Sumber
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :