Mengurus IMB Itu Penting dan Mudah


Kenapa sih mengurus harus mengurus IMB? Bagi Anda yang belum faham, mengurus IMB penting karena dengan bisa menghindarkan kita dari masalah dengan pemerintah daerah setempat. Permasalahan biasanya terjadi akibat tak terpenuhinya garis sempadan. Resiko yang bisa Anda hadapi mulai dari denda bahkan hingga pembongkaran bangunan bila terjadi pelebaran jalan.Setiap daerah kabupaten maupun provinsi memiliki aturan masing-masing mengenai tata cara permohonan IMB.

Lalu apa syarat yang harus dipenuhi untuk mengurus IMB. Secara umum syarat-syarat dan cara mengurus imb renovasi rumah atau bangun rumah cukup simpel. Hal hal yang perlu anda siapkan saat mengurus IMB, antara lain:

  1. Fotokopi KTP Asli atau totokopi Aduice Planning (AP) yang dilegalisir
  2. Fotokopi kepemilikan/sertifikat tarlah yang dilegalisir, atau surat kuasa dari pemilik tanah atau ahli waris kepada pemohon
  3. Surat pemyataan jaminan konstruksi untuk konstruksi maksimal dua lantai
  4. Perhitungan konstruksi atau struktur bangunan bagi yang lebih dari dua lantai
  5. Gambar rencana bangunan, denah, tarmpak, potongan, rencana atap, rencana fondasi, sanitasi, dan sebagainya) dalam bentuk pdf, atau kopi gambar, di mana dicantumkan nama perencana bangunan.
  6. Bagi bangunan yang sudah terlanjur berdiri bisa menyertakan gambar bangunan yang ada saat ini.
  7. Surat pernyataan tidak keberatan dari pemilik tanah darl bangunan yang berada di sekitar lahan kita, diketahui oleh RT, RW dan kelurahan.

Posting Komentar untuk "Mengurus IMB Itu Penting dan Mudah"