Memilih Material Sebelum Membangun Rumah

Untuk menghasilkan sebuah bangunan yang "benar" dalam tinjauan kekuatan struktur pemilihan material bermutu sesuai standar diperlukan. Berikut ini pengetahuan singkat mengenai material yang digunakan untuk membangun sebuah rumah.

Pasir : Pasir yang baik harus bersih dari kandungan lumpur. Secara visual kita bisa membedakan mana pasir yang mengandung banyak lumpur melalui warna. Biasanya warna kecoklatan menandai pasir dengan kandungan lumpur yang tinggi. Jika mendapatkan pasir dengan kondisi seperti ini sebaiknya Anda menghindari menggunakan atau jika terpaksa untuk mengurangi kandungan pasir bisa melalui proses pencucian.


Besi Beton :  Pilih besi sesuai standar SNI. Jika perlu Anda benar-benar ukur diameter apakah sesuai atau tidak dengan menggunakan kaliper. Untuk menentukan berapa diameter yang sesuai untuk rumah sebaiknya Anda berkonsultasi dengan perancang bangunan yang berkompeten.

Semen Portland : Semen yang saat ini beredar di pasaran memiliki kualitas yang hampir sama. Untuk amannya pilih yang ber"merk" untuk mendapatkan kualitas terbaik.

Bata Merah : Pilih bata merah yang memiliki ukuran sedang, keras, berukuran seragam dan tak mudah pecah. Sebenarnya alternatif lain bisa Anda pilih untuk menggantikan bata yaitu batako.

Kayu : Pembahasan mengenai kayu bisa Anda baca di artikel sebelumnya.

Genteng : Pemilihan genteng harus disesuaikan dengan konstruksi pendukungnya.  Untuk amannya Anda sebaiknya memilih genteng dengan bobot yang tak terlalu berat.
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :