Tips Perawatan Atap Metal


Salah satu alternatif penutup atap adalah menggunakan genteng metal. Genteng jenis ini terkenal sangat tahan lama, namun Karena kerusakan angin kencang, karat, atau faktor muai dan susut dari logam, terkadang genteng membutuhkan perbaikan.
Sebelum melakukan perbaikan sendiri, perlu Anda pastikan apakah Atap Anda masih dalam masa garansi ( jika sebelumnya ada klausul masa garansi). Jika memang ada coba cek apakah masa garansi masih berlaku. Lumayan kan Anda bisa berhemat biaya dan tenaga jika ternyata masih ada. Jika ternyata memang tidak ada garansi atau sudah habis tak perlu risau.

Kerusakan penutup atap ada tingkatannya mulai dari ringan hingga berat. Jika jumlah genteng yang rusak cukup banyak satu-satunya cara Anda dapat mengganti seluruh bagian atap. Tapi perlu Anda ingat lakukan ini sendiri kecuali jika Anda benar-benar ahli memasang atap jenis. Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memanggil tukang spesialis atap metal yang berpengalaman.

Jika kerusakan yang terjadi masuk kategori ringan berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan :

1. Amati paku apakah ada yang longgar. Jika ada cabut dan pasang dengan yang baru.

2. Carilah bagian yang berlubang, berkarat, atau tanda-tanda lain dari kerusakan. Jika Anda menemukan, hilangkan karat dengan sikat kawat. Selanjutnya lapisi permukaan dengan cat dasar logam selanjutnya cat yang sewarna dengan atap.

3. Tutup area yang bocor menggunakan dempul atau cat pelapis anti bocor.

4. Jika perlu teliti bagian per bagian dan lapisi dengan cat anti bocor secara merata.

5. Ganti genteng yang rusak. Jika Anda kesulitan silahkan panggil tukang yang berpengalaman.
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook

1 komentar :

  1. Terimakasih untuk info yang bermanfaat.
    http://www.arkostudioarsitek.com/

    BalasHapus