Pembangunan Sejuta Rumah Dimulai Pada Peringatan Hari Buruh

Proyek Sejuta Rumah
Proyek pembangunan satu juta rumah untuk rakyat bakal dibangun bertepatan dengan Hari Buruh atau 1 Mei nanti. "Kesiapan Kementerian PUPR dalam pencangan Program Pembangunan 1 Rumah untuk Rakyat. Kegiatan itu dijadwalkan bersamaan dengan Hari Buruh Nasional 2015," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Basuki Hadimoeljoni, di Kantornya, Jakarta, Selasa (7/4/2015).

Menteri PU menjelaskan Pembangunan program tersebut bakal dipusatkan di Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Kegiatan ini akan dilakukan serempak 17 provinsi di seluruh Indonesia. Dari 1 juta rumah, akan dibagi menjadi 603.516 unit untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) dan 396.484 unit untuk non MBR.
Basuki menambahkan, akan ada 300 ribu rumah yang dibangun di tahap awal. Selanjunya, 700 ribu rumah lainnya akan mulai dibangun secara bertahap hingga akhir tahun. Sehingga 1 juta rumah yang bakal dibangun terdiri atas rumah tapak, rumah susun hak milik (rusunami), dan rumah susun hak sewa (rusunawa).

Untuk mendukung program ini pemerintah sudah memiliki anggaran sebesar Rp 18,9 triliun. namun, anggaran tersebut dikatakan masih kurang kira-kira sebesar Rp 40 triliun.

Terkait dengan program sejuta rumah untuk rakyat Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, program "Sejuta Rumah untuk Rakyat" memang program yang berat untuk dilakukan namun dengan kerja sama yang baik dengan berbagai pihak maka hal itu pasti bisa diwujudkan.

"Kerjanya (Program Sejuta Rumah) memang berat, tapi harus dilakukan ," kata Wapres dalam konferensi pers di kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Jakarta, Selasa.

Sumber Image : Perumahan Rakyat
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :