Jalan Tol Solo-Kertosono Ditargetkan Tuntas Tahun 2017

Konstruksiana - Dua jalur tol di Pulau Jawa bakal tersambung di tahun 2017. Jalur yang dimaksud adalah Semarang-Solo dan Solo-Kertosono. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Menteri Basuki Basuki Hadimuljono menyatakan optimismenya dua jalur tersebut bakal selesai dua tahun lagi.

Basuki menjelaskan kepada para pewarta di Loji gandrung Solo, dalam waktu dua setengah tahun ini pihaknya akan berusaha maksimal mencapai target tersebut. Apalagi sudah ada permintaan secara pribadi dari Presiden Joko Widodo supaya proyek itu segera diteruskan. Presiden Jokowi saat kunjungan kerja di proyek groundbreaking tol memerintakan segera menyelesaikan proyek tersebut.

“Kami diperintah presiden agar bisa menyelesaikan tol Solo-Kertosono dalam waktu 2,5 tahun,” kata Basuki.

Proyek jalan tol ruas Solo-Ngawi-Kertosono adalah bagian dari megaproyek Jalan Tol Trans-Jawa yang sempat berhenti. Penyebabnya adalah pelaksana proyek (kontraktor) mengalami kendala finansial. Tetapi pemerintah optimistis kontraktor dari dua perusahaan itu bisa menyelesaikan pekerjaannya sesuai tenggat yang sudah ditentukan. Apalagi, proses pembebasan lahan juga sudah mencapai 93 persen.

“Kendalanya karena kontraktor kekurangan modal sehingga proyeknya mangkrak,” ujarnya.

Saat ini proyek pengerjaan jalan tol Semarang-Solo sebenarnya masih terus dikerjakan. Persiapan pengerjaan seksi III Bawen-Salatiga juga sudah dimulai.

"Proyek jalan tol ruas Solo-Ngawi-Kertosono adalah bagian dari megaproyek Jalan Tol Trans-Jawa." 



Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook

4 komentar :

  1. Balasan
    1. Semoga saja bukan sekedar wacana. Untuk jalu Boyolali kayaknya udah jadi cuma yang dari bawen sampai boyolali belum. hanya patok-patoknya.

      Hapus
    2. Sependapat..untuk sementara masyarakat hanya bisa menanti reaslisasinya seperti apa :)

      Hapus