Peti Kemas Kosong Disulap Menjadi Hunian Di Detroit

Tumpukan peti kemas biasanya identik dengan kawasan pelabuhan, tapi tidak demikian halnya dengan apa yang ada di Detroit ini. Tumpukan peti kemas bekas yang sebelumnya terbengkalai disulap menjadi sebuah hunian.

Proyek hunian dari peti kemas bekas ini sebenarnya sudah diusulkan sejak tahun 2008. Saat itu terlontar ide inovatif menggunakan kontainer kosong untuk membangun perumahan baru di Detroit. Ide ini baru ditindaklanjuti tahun 2013, dan sudah ada rencana pembangunan dimulai pada Januari 2014 membuat hunian yang terbuat dari peti kemas di areal 4.400 meter persegi.

Meskipun molor proyek hunian dari peti kemas tersebut dimulai April ini. Unit pertama merupakan model yang terbuat dari peti kemas, dan ini percontohan sebelum membangun unit lain yang lebih besar bangunan terbuat dari peti kemas bekas.

Proyek ini dikerjakan oleh perusahaan konstruksi Three Squared. Di tahap pertama dibangun model bangunan bertingkat tiga di Trumbull, Corktown. Proyek ini dipandang sebagai percobaan dalam menggunakan teknologi bangunan baru sebagai alat dalam revitalisasi perkotaan. Sebenarnya bukan pertama kali kontainer bekas digunakan untuk membangun sebuah gedung. Di negara-negara Eropa sudah lazim peti kemas bekas digunakan untuk membangun sekolah-sekolah, perumahan, dan banyak lagi.

Rupanya banyak yang mendukung penggunaan kontainer bekas untuk membangun gedung. Mereka mengatakan menggunakan kembali kontainer kosong adalah cara yang baik untuk mendaur ulang, bukannya membiarkan kontainer menumpuk di kota-kota pelabuhan di seluruh dunia. Kondisi seperti itu terjadi karena mengembalikan kontainer kosong ke tempat asal dianggap sebagai pemborosan dibanding membiarkannya tertumpuk begitu saja di pelabuhan.

Proyek pembangunan model percontohan hunian kontainer ini diharapkan akan selesai dan terbuka bagi pengunjung pada bulan Juni. Selanjutnya Three Squared juga memiliki rencana pembangunan unit lain. CEO Three Squared, Leslie Horn mengatakan permintaan untuk bangunan dari kontainer cukup tinggi. Horn menambahkan hingga sekarang sudah ada serangkaian daftar tunggu untuk membeli hunian dari peti kemas.

Sumber Image : www.freep.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook

1 komentar :