Tips Menghilangkan Noda Cairan Pada Furnitur Kayu

Saat tengah bersantai sambil menikmati secangkir kopi tiba-tiba saja tangan Anda menyenggol cangkir hingga tumpah ke permukaan furniture. Jika peristiwa seperti ini terjadi Anda tak perlu panik terlebih saat tumpahan kopi, teh, atau cairan lain menyisakan bekas pada furnitur kayu Anda.

Kebanyakan kasus menghilangkan noda seperti itu cukup mudah. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memastikan seberapa susah noda tersebut dihilangkan. Cara mengenalinya bisa dari warna noda yang menempel.

Noda yang tersisa dari tumpahan cairan atau uap biasanya berwarna putih atau terang. Jika kasusnya seperti ini artinya noda hanya menempel pada permukaan saja tidak menembus hingga kedalam. Bila warna noda cenderung gelap, biasanya menunjukkan cairan telah menembus melalui lapisan cat dan mungkin masuk ke pori-pori kayu itu sendiri. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda menyerahkan pada tukang yang khusus menangani finishing kayu.

Berikut ini beberapa cara untuk menangani noda ringan yang menempel pada permukaan furnitur. Mulailah dengan yang pertama, dan jika itu tidak berhasil, maka cobalah langkah berikutnya:

1. Gosok areal yang hendak dibersihkan dengan cairan pembersih furniture, mayones, atau minyak ter. Tujuannya adalah untuk menghilangkan spot dengan minyak. Jika noda menghilang, bagus; Anda bisa langsung menuju Langkah 5. Namun, jika noda masih ada, coba Langkah 2.

2. Bersihkan daerah yang memiliki noda. Letakkan sedikit pasta gigi pada kain basah dan gosok noda dengan lembut sampai spot menghilang. Pasta gigi kadang-kadang mengandung abrasif ringan yang akan membantu menyingkirkan noda. Jika cara ini berhasil, langsung lihat Langkah 5.

3. Jika noda masih membandel, gunakan campuran baking soda dan pasta gigi dengan komposisi yang sama. Tujuannya agar lebih kuat menghilangkan noda. Jumlah campuran yang diperlukan tergantung pada ukuran noda, 1/4 atau 1/2 sendok teh setiap melakukan cara ini. Oleskan sedikit tekan lebih kuat dibanding Langkah 2. Jika noda hilang, lanjutkan ke Langkah 5; jika tidak, lanjutkan dengan langkah 4 untuk bekas air yang membandel.

4. Celupkan kaos bekas dalam pelarut ringan seperti thinner. Peras dulu kain agar larutan yang dipakai tidak berlebih kemudian gosok dengan lembut hingga noda hilang. Pastikan langkah Anda tidak akan membahayakan permukaan furnitur.

5. Setelah bekas air hilang, lap lapisan furniture Anda. Lalu poles dengan pengkilap menggunakan kain lembut bersih. Jika sudah kering lap secara menyeluruh dengan kain dan lembut lain. Bagaimana? Tampak seperti baru lagi bukan?

Sumber : www.dummies.com
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook

1 komentar :

  1. Terimakasih untuk info yang bermanfaat.
    http://www.arkostudioarsitek.com/

    BalasHapus