Jembatan Pak Kasih Tayan Didesain Mampu Bertahan 100 Tahun

Jembatan Pak Kasih Tayan
Presiden Joko Widodo meresmikan Jembatan Pak Kasih, Tayan, Sanggau, Kalbar. Jembatan ini merupakan bagian dari jalur Trans Kalimantan dan merupakan jembatan terpanjang di Kalimantan dengan total panjang 1.650 meter. Jembatan ini menghubungkan Provinsi Kalimantan Barat di bagian Utara, dengan Provinsi Kalimantan Tengah di bagian Selatan.

Jembatan Pak Kasih memiliki dua bentang utama, pertama panjangnya 430 meter dan bentang kedua mencapai 1.220 meter dengan lebar 11 m. Tinggi jembatan dirancang berdasarkan perhitungan terhadap air pasang dan surut sehingga tidak mengganggu lalu lintas air karena Sungai Kapuas merupakan salah satu nadi transportasi masyarakat di Kalimantan Barat.

Gambar Rencana Jembatan Tayan
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Jembatan Kapuas Tayan merupakan jembatan khusus non-standar yang dirancang mampu bertahan hingga 100 tahun minimal, dengan perawatan yang diatur oleh standar yang berlaku.

Pembangunan Jembatan Pak Kasih sudah dimulai sejak September 2012. Konstruksinya dikerjakan perusahaan China Road and Bridge Corporation bekerja sama dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk dan menelan biaya Rp 1,028 triliun. Nama “Pak Kasih” , pahlawan yang berjuang di masa penjajahan, sengaja dipilih berdasar aspirasi dari masyarakat.

Sumber Foto : Antara
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :