Pekan Ini Tim Survey Kemenhub Kunjungi Lokasi Bandara di Pesisir Selatan Jawa

Kementerian Perhubungan menindaklanjuti rencana pembangunan Bandara di Banyumas dan Tulungagung. Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengerahkan tim khusus untuk mensurvei lokasi di daerah pesisir Selatan Tulungagung, Jawa Timur.

"Pekan ini tim sudah turun ke lokasi di Tulungagung untuk menyurvei pembangunan di sana,"
kata Budi saat berkunjung ke Surabaya.

Budi menambahkan, Kemenhub juga melakukan riset terkait rencana tersebut, termasuk mengamati  langsung bagaimana kontur maupun elevasi di sekitar lokasi.

"Kami harus tahu, apakah daerah itu kontur dan elevasinya memadai atau tidak,"
kata mantan direktur utama Angkasa Pura II.

Terkait dengan wacana pembangunan bandara Menhub mengaku telah bertemu Bupati Trenggalek Emil Dardak guna membicarakan rencana pembangunan bandara tersebut. Saat ditanya mengenai kepastian lokasi lokasi bandara, menteri alumni Universitas Gadjah Mada tersebut juga mengaku harus benar-benar dipelajari supaya menimbulkan masalah di kemudian hari.

"Lokasi memang kemungkinan besar di Tulungagung, tapi masih dilakukan studi. Sedangkan kalau di lokasi lain, seperti Madiun, harus ada koordinasi dengan TNI Angkatan Udara agar tak ada persoalan," katanya.


Bandara Tulungagung rencananya akan selesai dibangun dalam jangka waktu dua tahun dengan anggaran yang disiapkan sebesar Rp700 miliar dari APBN. Pembangunan bandara ini adalah tindak lanjut atas penyampaian surat pernyataan bersama delapan kepala daerah kepada Menkopolhukam Ramadhan lalu.

Delapan kepala daerah
, mereka adalah Bupati Madiun Muhtarom, Bupati Magetan Sumantri, Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar, Bupati Ponorogo Ipong Muchlissoni, Bupati Pacitan Indartato, Bupati Tulungagung Syahri Mulyo, Bupati Blitar Rijanto, dan Bupati Trenggalek Emil Elestianto Dardak. Mereka menginisiasi pendirian bandara di wilayah selatan Pulau Jawa juga menegaskan kesiapannya bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan terkait proyek tersebut. Bahkan, Pemerintah Kabupaten Tulungagung sudah mengajukan usulan lokasi untuk pembangunan bandara perintis untuk komersial di pesisir selatan Jatim.
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :