Cara Menghitung Kebutuhan Cat

Sebelum mulai mengecat dinding interior, langit-langit, kayu, pagar, pintu, atau jendela, yang perlu kita lakukan adalah memperkirakan jumlah cat yang akan kita gunakan. Perkiraan tak boleh asal, tapi membutuhkan perhitungan khusus untuk setiap permukaan yang akan dicat.

Cara memperkirakan jumlah cat yang kita butuhkan untuk menutupi dinding ruangan sebenarnya cukup sederhana. Kita hanya perlu menggunakan perhitungan sederhana, tambahkan panjang dari semua dinding lalu kalikan dengan ketinggian ruangan, dari lantai ke langit-langit. Jumlah yang kita dapatkan ini adalah dalam meter persegi.


Data yang sudah kita dapatkan tadi adalah luasan total, sekarang kita harus menentukan berapa sebenarnya luas permukaan yang akan dicat. Karena kita menggunakan cat yang berbeda pada pintu dan jendela, kurangi luasan yang telah didapatkan tadi dengan luas area pintu dan jendela. Tak perlu bingung, caranya gampang anda hanya perlu mengurangi kira-kira 2 meter persegi untuk setiap pintu dan 1,5 meter persegi untuk setiap jendela. Setelah dikalkulasi Angka yang Anda dapat merupakan jumlah luasan dinding yang akan dicat dalam meter persegi.

Setelah mendapatkan luasan kita perlu melihat kondisi di lapangan. Umumnya, cat yang ada di pasaran setiap kilogramnya mampu menutupi area sekitar 5-6 meter persegi. Anda perlu perlu memperhitungkan kondisi ketika menjumpai dinding kering belum dicat, yang menyerap lebih banyak cat. Anda juga perlu mempertimbangkan apakah mengecat lebih dari satu lapis, jika akan mengecat dinding yang belum selesai, banyak tambalan, atau berwarna warna gelap. Luasan yang Anda dapatkan telah Anda koreksi dengan kondisi di lapangan.
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :