Menciptakan Hunian Sejuk Tanpa Pendingin Ruangan

Ventilasi Yang Bagus
Pendingin ruangan atau AC memang sudah menjadi kebutuhan yang cukup penting di era saat ini. Efek pemanasan global yang kemudian berdampak pada suhu tinggi di dalam rumah pastinya akan membawa dampak yang merugikan bagi kesehatan anggota keluarga. Dengan demikian, perlunya meminimalkan efek panas tersebut dengan beragam cara. Ya, rumah yang sejuk dan asri jelas menjadi tujuan utama saat ini, terutama bagi anda yang hidup di perkotaan.

Nah, untuk mendapatkan udara yang bersih dan sejuk ternyata tidak hanya bisa dilakukan dengan praktis melalui penggunaan AC lho! Beberapa cara bisa kita lakukan dengan minimalis dan hanya membutuhkan sedikit kraetifitas kita. Tidak ada salahnya untuk dicoba bukan? Yuk simak alternatif berikut ini ya!

1. Area Hijau

Penelitian membuktikan bahwa ketersediaan pepohonan adalah penting untuk membantu menyerap karbondioksida. Untuk itu, cara yang satu ini juga bisa anda manfaatkan sebagai alternatif memperbaiki kualitas udara di dalam rumah. Anda bisa memulainya dengan membuat taman minimalis, atau bisa juga area hijau dibuat didalam rumah (innercourt). Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan menyertakan tanaman hijau di beberapa sudut rumah. Selain bisa bermanfaat, aksen hijau di sudut rumah juga bisa mempercantik tampilan nih!

2. Ventilasi

Jendela atau ventilasi merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah hunian. Untuk mendapatkan lebih banyak udara yang masuk ke area rumah adalah dengan menyediakan ventilasi sebanyak mungkin, khususnya di ruangan tempat berkumpul. Usahakan untuk membuat ventilasi dari bahan yang natural seperti kayu, untuk menambahkan kesan dingin di ruangan tersebut.

3. Jangan Gunakan Bahan Kaca

Ada yang bilang kualitas bangunan pada saat ini sepertinya lebih mengutamakan kepraktisan serta tampilan yang elegan. Padahal, menggunakan bahan seperti baja ringan, seng, atau kaca merupakan pilihan yang bisa membuat suhu di ruangan semakin panas. Untuk itu, hindari penggunaan bahan kaca mulai dari pembuatan atap, jendela, hingga daun pintu.

4. Kreasi Batu Alam

Selain menggunakan cat khusus untuk dinding luar, salah stau cara yang bisa anda lakukan untuk meredam suhu yang ekstrim dalam rumah adalah penggunaan material alam seperti bebatuan dinding atau bisa juga dengan menggunakan keramik. Cara tersebut selain menampilkan keunikan tersendiri sebagai aksen dinding rumah juga bisa membuat suhu di rumah anda lebih sejuk.

Beberapa tips tersebut pastinya akan sangat berguna sebagai investasi anda. Selain kualitas udara bisa menjadi semakin baik, anda juga bisa berhemat, mengingat biaya pemasangan dan penggunaan AC yang juga tidak murah. Demikian artikel informatif mengenai tips nyaman agar hunian anda terasa sejuk meskipun tanpa AC.

Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook

1 komentar :

  1. terimakasih atas informasinya, jangan lupa kunjungi kami
    di http://idblackwalet.com/cara-membersihkan-komedo/

    BalasHapus