Tips Menutup Retakan Kecil Pada Dinding


Plester dipasang dengan cara melempar mortar ke dinding selanjutnya diluruskan dengan bilah kayu yang rata. Proses lempar melempar tersebut meski sepele menentukan lekat atau tidaknya mortar ke dinding selain juga mutu bahan. Seiring berjalannya waktu, daya lekat tersebut bisa berkurang akibatnya plester retak, hingga lepas dari dinding.

Campuran plester berkualitas buruk bisa menyebabkan cepatnya plester retak hingga lepas dari dinding. Selain itu, kerusakan akibat air dari atap atau pipa bocor bisa memicu tumbuhnya lumut pada plester dan menyebabkan pengelupasan atau pengkristalan, pengangkatan garam serta mineral ke permukaan.Selain karena faktor alam dan mutu saat pembuatan, perilaku manusia di satu rumah juga bisa menyebabkan plester cepat rusak. Sebagai contoh kegiatan memasang hiasan pada dinding, cairan tumpah ke dinding adalah dua diantara banyak faktor lain. Kabar baiknya, sebagian besar masalah yang sederhana dapat dengan mudah diperbaiki bahkan tanpa bantuan tukang sekalipun.

Perbaikan Retakan kecil/ Retak Rambut

Retak kecil di plester relatif mudah untuk memperbaikinya, dengan satu syarat: plester masih melekat dengan baik pada dinding. Jika, ketika Anda mengetuk dinding, dan terasa plester seperti telah terlepas maka tak ada cara lain selain menguliti plesteran lam dan mengganti dengan yang baru. Jika kondisi ini sepertinya Anda perlu memanggil “ahlinya”.

Jika kondisi lekatan plester masih baik, maka berikut ini langkah yang bisa Anda tempuh :
1.       Perluas area yang retak. Anda dapat menggunakan obeng atau pisau.
2.       Bersihkan debu plester. Menggunakan kuas atau sikat gosok dengan air atau deterjen non-fosfat.
3.       Potong lembaran serat fiberglass dan tempelkan di area yang retak. (Di pasaran bisa dengan mudah  didapatkan. Bentuknya seperti plester).
4.       Celupkan spons dengan air bersih lalu basahi daerah retakan.
5.       Campur lem putih (ada banyak merk : fox, rajawali) dengan semen putih dan air. Aduk sampai benar-benar merata.
6.       Menggunakan scrub lekatkan campuran tadi di area yang sudah dipasang serat fiber tadi.
7.       Biarkan hingga benar-benar kering lalu amplas dengan hati-hati.
8.       Jika permukaan sudah merata cat dengan warna yang serupa.

1 komentar untuk "Tips Menutup Retakan Kecil Pada Dinding "

Comment Author Avatar
Info yang menarik mas
Perbandingan yang bagus seperti apa mas
untuk mortar
trims