Tips Mewujudkan Hunian Yang Hemat Energi

Memiliki hunian yang ramah lingkungan dan hemat energi kini menjadi tujuan bagia banyak pemilik rumah. Tak hanya karena untuk lingkungan, tetapi juga bisa mengurangi pengeluaran bulanan Anda. Untungnya, membuat rumah Anda lebih hemat energi bukan merupakan tugas yang berat. Anda bisa membuat rumah Anda lebih ramah lingkungan dengan mengikuti langkah-langkah ini. Jika Anda berhasil lihat saja isi kantong Anda tidak akan menipis dengan cepat.

Dapur

Dapur sering tempat di mana banyak energi dihabiskan. Ada berbagai aktivitas mulai dari memasak di atas kompor hingga menjaga makanan agar lebih tahan lama, padahal kegiatan tersebut tak bisa lepas dari alat dapur yang memakan banyak listrik. Untungnya, ada beberapa kebiasaan yang bisa Anda pelajari untuk membantu mengekang konsumsi energi ini.

Kulkas

kulkas sering memakan lebih banyak energi daripada semua peralatan lainnya. Untuk menghindari pemborosan energi, hanya membuka lemari es ketika Anda benar-benar perlu untuk mengambil sesuatu, membiarkan makanan panas dingin sebelum Anda simpan, dan pastikan membersihkan kumparan kondensor setidaknya dua kali setahun.

Alat Cuci Piring

Meskipun mampu meringankan tugas sehari-hari rupanya penggunaan alat cuci piring juga menyisakan masalah tersendiri, khususnya terkait dengan tagihan listrik bulanan Anda. Oleh karena itu semakin sedikit Anda menggunakan mesin ini sebenarnya makin baik. Hanya jalankan mesin cuci piring saat piring kotor menumpuk, tapi hati-hati untuk tidak mengemasnya terlalu erat. mesin cuci piring akan membersihkan lebih baik jika ada lebih banyak ruang untuk air panas untuk leluasa bergerak.

Kompor dan Oven

Aturan praktis terbaik adalah menggunakan kompor listrik dan oven hanya bila diperlukan. Bila mungkin, gunakan microwave sebagai gantinya. Microwave menggunakan lebih sedikit energi daripada rekan mereka dan tidak mengambil banyak waktu untuk memasak.

Ruang cuci

Mesin cuci

Mesin cuci juga mengkonsumsi banyak energi dan air. Untuk meminimalkan kehilangan energi, gunakan mesin cuci hanya bila cucian menumpuk dan tak ada waktu bagi Anda untuk mencuci sendiri. Juga, jangan berlebihan saat menuang deterjen. Lebih busa akan menyebabkan mesin cuci bekerja lebih keras.

Ruang Keluarga

AC

Kurangi konsumsi Air Conditioner dengan mendesain rumah yang dilengkapi dengan sirkulasi udara yang memadai.

Penerangan

Lampu adalah konsumen energi yang besar di kebanyakan rumah. Untuk mengurangi penggunaannya, cobalah mengganti bola lampu standar dengan lampu LED.

Alat Elektronik



Perangkat elektronik menggunakan energi bahkan ketika mereka tidak terpasang. Untuk memperbaiki ini, cabut komputer, pembuat kopi, dan perangkat lain setiap kali mereka tidak digunakan.
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :