Tips Mempercantik Rumah Dengan Korden

Korden adalah salah satu barang yang banyak difungsikan di dalam rumah. Sejatinya, fungsi benda yang satu ini tidak hanya terkait dengan mendinginkan ruangan dari paparan sinar matahari yang terpancar melalui jendela kaca. Korden juga memiliki fungsi yang penting yaitu untuk menjaga privasi pemilik rumah dari luar. Nah, ternyata korden juga punya fungsi lainnya yang tidak kalah penting lho! Korden adalah sarana menampilkan karakter rumah yang cantik dan mengesankan.

Ya, memilih korden yang tepat dan sesuai dengan konsep bisa menjadi hal yang vital untuk menentukan tampilan rumah anda saat dikunjungi tamu. Korden yang cantik tidak harus mahal, dan tidak selalu bisa sesuai dengan konsep rumah yang sebenarnya. Untuk tahu cara mempercantik rumah dengan memilih korden yang tepat, simak tipsnya berikut ini yuk!

1. Pemilihan Warna

Biasanya, banyak orang yang menentukan warna korden saat akan membelinya. Warna korden umumnya disesuaikan senada dengan tema interior dari ruangan dalam rumah, seperti warna kursi, warna dinding, atau warna dari furnitur lainnya. Cara ini sebenarnya boleh-boleh saja dilakukan saat memilih korden. Namun, jika anda menginginkan tampilan yang lebih lembut, bisa dicoba dengan mencari warna gradasi satu tingkat lebih rendah dari warna furnitur yang ada. Sementara itu, untuk karakter yang lebih berani, bisa dimulai dengan memadukan warna kontras dari furnitur di ruangan tersebut.

2. Ukuran Korden

Ukuran panjang korden secara umum disesuaikan dengan panjang jendela atua pintu anda. Namun, untuk lebarnya biasa terdiri dari dua ukuran yaitu 1,4 meter dan 2,8 meter. Anda tinggal menyesuaikan saja dengan kebutuhan. Desain korden berponi yang sedang trend saat ini layak untuk mendapatkan ukuran yang lebih panjang dari biasanya. Untuk itu, anda perlu mencoba berkonsultasi pada perancang korden agar bisa menentukan ukuran yang sesuai.

3. Bahan Korden

Pemilihan bahan utama pembuatan korden ini disesuaikan dengan kebutuhan ruangan yang anda punya. Korden bisa terbuat dari bahan lamborgini yang bertekstur lentur, atau bahan kain ringan seperti satin, katun, linen, dan polyester. Beberapa jenis bahan yang lain seperti beludru, paloma, atau organza juga bisa dipilih untuk korden yang lebih berat dan mampu memberikan efek kedap suara.

4. Anggaran

Jenis kain yang digunakan untuk bahan pembuatan korden sangat beragam. Anda bisa menentukan berdasarkan budget yang dimiliki. Bila budget cukup banyak, pilihan korden berbahan linen dan border bisa menjadi pilihan anda. Namun, jika dana yang dimiliki cukup terbatas, bahan polyester atau katun cukup untuk mempercantik rumah.

5. Konsep yang Tepat

Mempercantik rumah dengan aplikasi korden di sudut ruangan, jendela atua daun pintu menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, konsepnya pun juga harus jelas karena tidak semua rumah bisa didesain dengan gaya korden yang sama. Untuk pemilihan konsep minimalis, disarankan korden yang tidak bermotif atua sekadar motif minimalis saja. Penambahan modelnya bisa melalui tambahan sedikit border atau adanya kerutan yang mempercantik tampilan.

Bagi anda yang ingin menampilkan korden di konsep rumah nan romantis, pemilihan warna dan motif korden diusahakan senada dengan dinding kamar atau kusen anda. Dengan teknik ini, kesan teduh akan berada di ruangan tersebut, motif bunga, renda atau bergantung pada kreatifitas anda dan pasangan.

Beberapa tips yang diulas tersebut bisa membuat tampilan rumah anda semakin elegan hanya dengan mengaplikasikan korden serta pandai memilih bahan. Nah, untuk perawatannya anda bisa mencoba beberapa trik berikut:

· Cucilah korden minimal sebulan sekali, meskipun di dalam ruangan ber AC. Debu yang menempel tentu bisa menyebarkan kuman penyakit yang harus dibasmi.

· Perhatikan bahan kain korden milik anda, serta ketahui cara mencucinya dengan baik.

· Untuk korden di ruangan yang tidak terlalu lembab dan kotor anda bisa mencelupkan korden pada pewangi saja, tanpa menggunakan detergen. Jika korden sudah harus dicuci menggunakan detergen, maka hindari pencucian dengan kasar seperti dikucek atau disikan, cukup dicelup sesekali pada detergen agar kotoran luntur dengan sendirinya.

· Jika anda merasa kesulitan, anda bisa menyewa jasa pencucian korden agar korden anda dibersihkan oleh tenaga yang sudah berpengalaman.



Demikian artikel informatif mengenai cara mempercantik rumah dengan pemilihan korden yang tepat. Semoga bisa bermanfaat untuk anda!
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :