Bahan Desain Interior: Pemilihan Jenis Cat Yang Tepat Untuk Desain Interior Rumah


Bagus tidaknya hasil pewarnaan desain interior yang pas dan sesuai dengan ekspektasi tergantung dengan jenis bahan material cat yang digunakan. Biasanya, jika kita tidak melakukan tester terlebih dahulu terhadap ketahanan dan hasil pewarnaan cat, terkadang hasilnya kurang memuaskan karena warnanya terlalu pudar dan kualitas cat kian menurun seiring berjalannya waktu. Jangan mudah tergiur dengan bahan cat yang sangat miring apalagi ketika anda tidak tahu-menahu kualitasnya, karena bisa-bisa malah menghancurkan kerja keras anda selama ini untuk membangun rumah yang anda impikan. Kecuali jika anda pernah mencoba cat dan sudah terjamin kualitasnya. Berikut jenis-jenis cat yang sedang tren dan cocok untuk hunian anda.

Jenis-jenis Cat yang Cocok untuk Interior Rumah

1.      Cat Glossy
Cat glossy dibedakan menjadi 2 jenis, yakni cat high glossy dan cat semi glossy. Cat high glossy memiliki kelebihan seperti menjadi sangat mengkilat ketika terkena sinar matahari. Jenis cat ini lebih disarankan untuk desain eksterior karena kelebihannya memantulkan cahaya dari matahari. Yang kedua yaitu cat semi glossy, jika diaplikasikan ke dinding, maka warnanya tidak akan terlalu mengkilap seperti cat high glossy. Dan jenis cat ini cocok digunakan untuk dapur dan kamar mandi karena fungsi ruangannya yang mudah kotor.

2.      Cat Satin
Karena jenis cat ini satin, warna yang dihasilkan akan tampak teduh dan tak terlalu silau. Jenis cat ini biasanya cocok untuk Ruang Makan apabila mendekorasinya tampak seperti di sebuah restoran klasik.

3.      Cat Eggshell
Apabila terkena cahaya, cat ini tidak akan terlihat silau karena tekstur dan hasil cat yang diaplikasikan pada dinding terasa halus seperti kulit telur. Jenis cat ini dapat digunakan pada ruang kerja dan ruang keluarga.

4.      Cat Doff atau Matte
Jenis cat ini akan memberikan kesan seperti terlihat sangat menempel pada dinding. Hasil yang dihasilkan dari cat ini adalah efek mengkilap tapi sedikit glossy dan teksturnya halus seperti jenis cat eggshell. Jenis cat ini cocok digunakan untuk eksterior rumah karena kelebihannya dalam mampu betahan dari cuaca ekstrem atau anda dapat juga mengaplikasikan kamar tidur karena kesannya yang tampak lembut.

Sumber Image : easterngraphics

Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :