Memilih Material Desain Interior


Ketika mendekorasi interior ruangan, kita sering dihadapkan dengan berbagai pilihan seperti melapisi dinding anda dengan cat tembok atau menempelkan wallpaper dinding. Tentunya anda harus mempertimbangkan keawetan dan kualiatasnya, manakah yang lebih terjangkau harganya? Manakah yang lebih nyaman? Cat atau wallpaper dinding? Hal ini dapat menimbulkan permasalahan baru seperti proses dekorasi yang terlalu lama karena terlalu banyak rasa bimbang saat memilih.

Dalam segi biaya yang dikeluarkan untuk dekorasi interior ruangan, cat tembok memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan wallpaper, tergantung pada luas bidang yang akan dilapisi dengan wallpaper. Biasanya pemasangan wallpaper juga dihitung sesuai dengan kualitas wallpaper dan berapa banyak roll yang dibutuhkan serta ditambah dengan pengeluaran lainnya untuk biaya pemasangan dan perawatan wallpaper dinding itu sendiri.

Sedangkan cat dinding hanya dihitung sesuai dengan berapa kaleng yang dibutuhkan. Kemudian untuk waktu yang dibutuhkan, wallpaper memiliki keunggulan lebih besar dibandingkan cat karena mudahnya pengaplikasian wallpaper ketika terdapat retak pada dinding yaitu hanya dengan menempelkannya. Sedangkan cat membutuhkan waktu yang lama tentunya untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, karena harus melaburi dinding dengan cat dasar berwarna putih terlebih dahulu lalu selanjutnya melapisi dinding dengan warna cat yang kita inginkan.

Perbandingan Menggunakan Cat atau Wallpaper Dinding untuk Menghias Interior Ruangan

Untuk daya tahan atau keawetan pada cat dan wallpaper dinding, wallpaper tetap unggul karena memiliki daya tahan mencapai 8-10 tahun dengan kualitas yang bagus dan terlihat rapih pula. Tetapi untuk cat, hanya mampu bertahan selama 2-3 tahun saja tergantung dengan kualitas cat yang anda pilih.

Di segi artistik, wallpaper selalu memiliki berbagai motif yang tentunya tidak mudah membuat bosan serta menambah kesan estetika yang didapat karena tekstur bahan yang berbeda jauh dengan cat dinding sehingga wallpaper memberikan kesan yang lebih menarik. Demikian juga dengan cat dinding yang memiliki kelebihan untuk memudahkan anda mencampurkan berbagai warna dan bermain warna untuk mendapatkan nilai estetika dan berbeda dengan yang lain, sehingga wallpaper dinding juga tidak mempunyai keunikan yang didapat dari cat dinding.

Sumber Image : onlinedesignteacher

Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :