Penyesuaian Furniture Terhadap Desain Interior


Tahukah anda jika furniture yang dipilih untuk mengisi ruangan juga harus dipertimbangkan jenis dan ukurannya terlebih dahulu? Furniture sebuah ruangan juga merupakan pelengkap desain interior ruangan dengan menyesuaikan fungsi, jenis bahan/material, serta ukuran dari furniture itu sendiri. Namun, terkadang terdapat kesulitan ketika memilih furniture untuk mengisi setiap ruangan karena harganya yang beragam, mulai dari harga yang terjangkau sampai dengan harga yang paling mahal. Apabila anda ingin menghemat pengeluaran uang anda, anda harus merelakan waktu untuk mencari furniture dengan harga yang terjangkau tanpa menghilakan unsur estetika. Berikut langkah yang harus diperhatikan dalam memilih furniture.

Menentukan Jenis dan Ukuran Furniture Pada Suatu Desain Interior Ruangan

1.      Penentuan Konsep

Konsep selalu menjadi hal mendasar dalam menentukan sesuatu yang akan kita pilih. hal ini juga menjadi patokan ketika pemilihan elemen berikutnya. Maka dari itu, konsep menjadi suatu hal yang paling penting ketika melakukan penyeleksian dalam memilih furniture yang sesuai dengan keinginan anda.

2.      Menentukan Ukuran Furniture

Dalam menentukan ukuran furniture yang dibutuhkan, hal yang pertama kali harus dilakukan adalah mengetahui ukuran luas sebuah ruangan yang akan diisi. Misalnya, jika ingin mengisi furniture untuk ruang tamu tetapi tidak memiliki luas yang cukup besar, maka dapat memilih furniture yang cenderung sederhana dan tampak simpel. Namun, apabila sebaliknya, maka anda dapat lebih leluasa ketika pemilihan furniture dan menambahkan hiasan pada dinding atau meja.

3.      Menentukan Bahan Pembuatan Furniture

Menentukan bahan pembuatan furniture sama halnya seperti menentukan jenis furniture yang digunakan. Hal yang terpenting pada saat menentukan bahan pembuatan furniture, yakni kualitas dan keawetan bahan seperti kayu jati yang nampak artistik dan elegan. Namun jangan lupa juga mempertimbangkan kelemahannya seperti kayu jati memiliki kelemahan yaitu bobot kayunya yang terlalu berat.      

4.      Menentukan Warna Furniture Rumah

Dalam menentukan warna furniture rumah juga harus memperhatikan kecocokan pada cat atau wallpaper dinding ruangan, seingga tidak akan menghilangkan sisi estetika dan elegan. Maka dari itu harus elemen-elemen yang terkandung dalam konsep desain interior ruangan juga harus diperhatikan agar menciptakan kenyamanan bagi penghuni.

Sumber Image : Spicytec

Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :