Psikologi Warna Pada Desain Interior



Pemilihan warna pada desain interior dapat mempengaruhi berbagai hal, salah satunya yakni psikologi warna. Setiap warna pastinya mempunyai berbagai arti tersendiri yang dapat mempengaruhi suasana ruangan. Sehingga manusia yang menghuni ruangan tersebut juga terbawa suasana di dalam ruangan, seperti dari segi keseimbangan suhu, emosi, dan pikiran manusia itu sendiri. Maka dari itu, pertimbangan untuk memilih warna pada desain interior sangatlah penting untuk kenyamanan hunian anda.

Sebuah rumah pasti memiliki beberapa ruangan yang memiliki fungsi berbeda-beda sesuai kebutuhan sang penghuni. Namun, perlu kita ketahui bahwa setiap ruangan pastinya memiliki beberapa warna yang memang sudah cocok dengan filosofi ruangan. Tetapi terkadang semua ruangan pada  interior rumah dicat dengan warna yang senada, sehingga suasana nyaman yang harusnya didapat oleh penghuni menjadi kurang tersampaikan dan menimbulkan kebosanan karena hampir semua ruangan memiliki warna cat yang sama. Hal ini tentunya dikarenakan tidak mempertimbangkan terlebih dahulu kecocokan warna pada desain interior. Berikut adalah beberapa saran warna yang cocok untuk desain interior setiap ruangan.

Pengaruh Psikologi Warna Desain Interior Terhadap Suasana Ruangan

1.      Ruang Tamu
Ruang tamu adalah salah satu ruangan yang terpenting untuk menciptakan kenyamanan dan menjaga kesan yang ramah bagi setiap tamu yang berkunjung. Maka warna yang tepat untuk dipadu-padankan  adalah warna-warna yang hangat seperti cokelat, oranye, merah, kuning, dan berbagai degradasinya. Tetapi harus berhati-hati ketika memilih warna merah karena jika berlebihan akan terkesan membuat mata lelah.

2.      Ruang Keluarga
Ruang tamu dan ruang keluarga hampir sama, hanya saja terkesan hangat dan lebih akrab. Warna yang disarankan sama dengan ruang keluarga tetapi lebih baik menghindari warna abu-abu dan putih yang terlalu berlebihan karena terkesan lebih kaku dan berjarak.

3.      Kamar Mandi
Hijau, biru, toska, dan lainnya cocok untuk warna interior Kamar Mandi karena memberikan suasana sejuk, tenang, dan segar.

4.      Kamar Tidur
Warna biru, ungu, dan cokelat yang hangat tampak sesuai untuk menjaga kualitas kenyamanan anda ketika beristirahat.

Sumber Image : mykarmastream

Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :