Pentingnya Mempertimbangkan Pewarnaan Dalam Design Interior



Setiap warna memiliki definisi tersendiri untuk penggunaannya. Selain nilai estetika yang didapatkan dari warna, warna juga memiliki berbagai makna dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan tema yang diambil. Begitu juga dalam pemilihan suatu warna untuk design interior ruangan. Warna menjadi salah satu hal yang penting dalam kenyamanan dan estetika ruangan. Suhu ruangan dan perasaan penghuni ruangan juga dapat dipengaruhi dari warna yang dipilih.
            Dalam design interior ruangan, kita kerap bingung dalam menentukan pemilihan warna yang tidak kontras dengan tema ruangan. Terkadang masih bimbang karena warna cat terlalu cerah atau bahkan terlalu gelap. Pemilihan warna dalam design interior juga harus memperhatikan berbagai aspek seperti tema ruangan, luas ruangan, nilai estetika, psikologi ruangan, pencahayaan ruangan, bentuk ruangan, dan lain sebagainya.

Hal yang harus Dipehatikan Ketika Memilih Warna dalam Desain Interior

            Hal utama yang harus diperhatikan ketika memilih warna untuk interior ruangan adalah tema ruangan. Jadi kita harus megerti benar tujuan dan fungsi dari adanya ruangan tersebut, lalu menentukan tema yang pas untuk ruangan agar memudahkan memilih pewarnaan dinding/atap ruangan.
 Selanjutnya ialah memperhatikan bentuk dan luas ukuran suatu ruangan. Pemilihan cat warna yang akan diaplikasikan pada tiap sisi ruangan juga dapat mempengaruhi luas ruangan karena warna memiliki salah satu fungsi untuk memanipulasi luas suatu ruangan baik agar terlihat lapang dan lebih luas pada ruang yang sempit ataupun lebih berisi untuk ruang yang terlalu luas.
Hal yang ketiga adalah dengan memperhatikan nilai estetika warna. Warna yang diaplikasikan sesuai dengan desain akan terlihat lebih bersih, indah, dan terawat dibandingkan dengan ruangan yang tidak bercat atau dicat tetapi dengan tanpa pertimbangan. Sehingga dapat menyebabkan ruangan tampak kusam dan tak terurus.
Dan hal terakhir yang harus diperhatikan, yakni psikologis tiap warna. Tiap warna mempunyai suatu atau bahkan beberapa karakter yang juga dapat mempengaruhi psikologi seseorang baik itu dari segi keseimbangan pikiran ataupun emosi manusia.
Jadi, pertimbangan untuk memilih warna desain interior ruangan yang akan diaplikasikan itu sangat penting dan harus diperhatikan baik-baik atau lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu sebelum menentukan warna yang akan dipilih.


Sumber Image : impressiveinteriordesign
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :