Lakukan Hal-Hal Berikut Agar Dapur Kecil Terkesan Lapang!


Jangan khawatir jika tidak mungkin lagi memperluas dapur kecil Anda karena terbatasnya lahan hunian. Dapur kecil yang cenderung sumpek masih dapat disiasati agar terkesan lebih lapang dengan melakukan hal-hal berikut ini!   

Tiadakan Dinding Masif

Jika mungkin, hilangkan dinding masif yang membatasi dapur dengan ruang lain, misalnya ruang makan. Anda dapat menerapkan split level sebagai pengganti atau mengombinasikan dengan dinding transparan. Peniadaan dinding masif berpotensi melapangkan area dapur.      

Maksimalkan Hidden Storage

Buatlah sebanyak mungkin hidden storage “ruang simpan tersembunyi/tertutup” di area dapur. Misalnya kitchen set, area penyimpanan tertutup di bawah meja dapur dan kitchen sink. Hidden storage mengantisipasi berantakan. Dapur yang bersih dan rapi akan tampak lebih lapang.    

Maksimalkan Pencahayaan Dan Manfaatkan Terang Alami

Hindari penerangan minim pada area dapur karena memberi kesan sempit. Selain itu manfaatkan terang alami yang berpotensi memberi kesan lapang pada siang hari. Usahakan dapur Anda memiliki jendela dan/atau dinding transparan yang dapat memasukkan sinar matahari. Jika tidak mungkin, Anda bisa mengupayakan pembuatan skylight.    

Aplikasikan Nuansa Putih Atau Warna Muda

Masuknya terang alami akan semakin berefek meluaskan jika pada dapur diaplikasikan nuansa warna putih, warna-warna netral (krem, cokelat muda, dll.) , atau warna-warna muda/pastel (biru muda, hijau muda, dll.) pada dinding, lantai, dan perabot dapur. Warna-warna tersebut akan memantulkan terang alami ataupun cahaya buatan sehingga dapur mungil akan terkesan lapang.
     

Aplikasikan Material Yang Memantulkan Cahaya

Material yang memantulkan cahaya dan merefleksikan bayangan berpotensi menciptakan kesan lapang pada ruangan sempit. Contohnya, kaca, cermin, stainless steel, dan batu alam dengan lapisan mengkilat (glossy). Kaca atau cermin dapat diterapkan pada kitchen set; batu alam pada backsplash atau meja dapur; dan sebagainya.      

Gunakan Perabot Yang Sesuai

Sesuaikan jumlah dan ukuran perabot dengan luasan dapur. Peletakan perabot yang berlebihan dan terlalu besar akan membuat dapur kecil tampak sumpek dan semakin sempit.   
Itulah berbagai hal yang dapat Anda lakukan untuk menciptakan kesan lapang pada dapur kecil. Dengan dapur yang terkesan lebih lapang, aktivitas memasak akan semakin menyenangkan.


Apakah Anda membutuhkan biro jasa desain bangunan?  Anda dapat berkonsultasi seputar desain bangunan dengan kami, caranya silahkan hubungi kami melalui no. kontak yang kami sediakan.

WA : 082227972211

Informasi & Layanan Online Jasa Desain Rumah
HP : 082227972211,081567611860
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :