Membuat Kamar Mandi Ramah Lansia



Banyak lansia mengalami kecelakaan saat beraktivitas di kamar mandi karena kondisi kamar mandi yang kurang ramah lansia. Bagi Anda yang tinggal bersama lansia, sudah saatnya memberi perhatian akan hal ini. Jika tak dapat membuat kamar mandi khusus, cukup renovasi kamar mandi yang ada dengan memperhatikan lima hal penting berikut.


Pastikan Lantai Bertekstur Agar Antislip

Kamar mandi cenderung basah dan licin, bahkan jika tidak intensif dibersihkan berpotensi tumbuh lumut sehingga makin licin. Untuk mengurangi risiko licin, pastikan material lantai kamar mandi bertekstur kasar agar antislip. Bila perlu lapisi lantai di depan kamar mandi dan bagian-bagian tertentu di dalamnya dengan karpet/keset bergerigi antislip.

Pasang Handle Dan Railing Pada Dinding

Walaupun sehat kekuatan fisik lansia cenderung menurun. Selama beraktivitas di kamar mandi lansia membutuhkan pegangan terutama saat melangkah dan berganti posisi (duduk, berdiri, dan sebaliknya). Jadi, sebaiknya pasanglah handle dan railingdi luar dan di dalam area kamar mandi, terutama di samping kloset, danjugabathtub.


Pilih Kloset Duduk

Jika di kamar mandi Anda terpasang kloset jongkok, sebaiknya gantilah dengan kloset duduk. Lansia biasanya kesulitan menggunakan kloset jongkok karena mengalami gangguan pada pinggang, lutut, dll. Pilihlah kloset duduk yang dilengkapi penyiram otomatis dan bidet yang memudahkan pembilasan. Jika tidak ada bidet, sediakan shower di samping kloset.


Pilih Peralatan Mandi Yang Memudahkan

Jika kamar mandi Anda masih menggunakan bak mandi dan gayung, sebaiknya tambahkan showerotomatis untuk perlengkapan mandi lansia. Menambahkan tempat duduk di bawah shower juga akan membantu lansia yang cepat lelah berdiri. Jika hendak memasang bathtub, pilihlah yang didesain khusus untuk lansia. Tambahkan juga berbagai perlengkapan lain yang membantu aktivitas lansia.

Beri Penerangan Yang Memadai

Pada dasarnya lansia sudah mengalami penurunan penglihatan. Oleh karenanya penerangan yang memadai akan membantunya melakukan berbagai aktivitas di kamar mandi dengan aman dan nyaman.


Nah, tunggu apa lagi? Yuk, renovasi kamar mandi di rumah Anda agar ramah lansia!

Apakah Anda membutuhkan biro jasa desain bangunan?  Anda dapat berkonsultasi seputar desain bangunan dengan kami, caranya silahkan hubungi kami melalui no. kontak yang kami sediakan.

WA : 082227972211

Informasi & Layanan Online Jasa Desain Rumah
HP : 082227972211,081567611860

Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :