3 Tempat Potensial Untuk Hidden Storage

Hidden storage dalam desain interior merujuk pada ruang penyimpanan yang tak terlihat secara mencolok alias “tersembunyi”. Hidden storage banyak diterapkan pada hunian terbatas untuk mengurangi suasana sumpek dan menciptakan kesan lebih lapang. Namun hidden storage baik diterapkan pada kondisi apa pun karena mendukung terciptanya hunian yang bersih dan rapi.

Nah, kira-kira tempat mana saja di rumah Anda yang dapat dimanfaatkan sebagai hidden storage? Berikut tiga tempat potensial yang dapat Anda pertimbangkan.


Bagian Bawah Tempat Tidur

Bagian bawah (kolong) tempat tiduryang berupa ruang kosong dapat dimanfaatkan sebagai ruang simpan tersembunyi. Namun, pemanfaatannya jangan asal-asalan; sebaliknya barang-barang harus ditata dengan rapi dan mudah dicari saat diperlukan. Anda dapat memodifikasi tempat tidur dengan membuat laci-laci penyimpanan pada bagian bawahnya; atau gunakan beberapa kotak tertutup dengan ukuran sesuai. Jika hendak membeli ranjang baru, pilihlah yang dilengkapi ruang penyimpanan (storage bed).

Bagian Bawah Sofa Atau Bangku Lain

Jika membeli sofa pilihlah “storage sofa” karena memiliki ruang penyimpanan di bagian bawah tempat duduk; atau kadang ada juga pada bagian lengan sofa. Selain sofa, beberapa jenis tempat duduk yang dilengkapi ruang penyimpanan, antara lain sleeper sofaatau sofa bed; kursi santai (chaise lounge); otoman (sofa tanpa sandaran); dan bangku/bench. Jika memungkinkan Anda juga dapat memodifikasi sofa atau bangku yang ada.


Elemen Ruang Yang Dirancang Khusus

Berbagai elemen ruang—lantai, dinding, dan plafon—dapat direncanakan atau dimodifikasi agardapat sekaligus berfungsi sebagai hidden storage. Misalnya, membuat attic(ruang antara atap dan plafon); “meninggikan lantai” untuk menciptakan ruang penyimpanan di bawahnya; membuat tambahan dinding nonstruktural sebagai “lemari” dengan pintu geser; menjadikan ruang bawah tangga sebagai lemari tertutup; dan sebagainya. Pembuatan “hidden storage” pada elemen ruang tersebut harus direncanakan sebaik mungkin agar tampak rapi dan terkamuflase.


Itulah tiga cara terpopuler menciptakan hidden storage di rumah Anda. Jangan ragu untuk menerapkannya demi mendapatkan hunian yang bersih, rapi dan terkesan lebih lapang.
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :