Mengenal Seluk-Beluk Plafon PVC


Mengenal plafon PVC


Selama ini kebanyakan orang lebih mengenal PVC sebagai material pipa, bahkan penggunaan pipa PVC untuk jaringan air bersih, saluran air hujan, dll.sudah sangat populer. Namun ternyata belakangan PVC juga diproduksi sebagai material plafon. Plafon PVC diklaim memiliki banyak kelebihan dibandingkan material plafon lain. Kendati demikian sebelum mengaplikasikannya pada rumah Anda, sebaiknya kenalilebih dahulu seluk-beluk inovasi baru ini.


Material PVC

PVC (Polyvinyl Chloride) adalah salah satu unsur kimia polimer termoplastik dengan berat molekul relatif kecil. Cairan kimia ini akan mengeras jika didinginkan, dan sebaliknya melunak jika dipanaskan. Sifat PVC yang fleksibel membuatnya banyak digunakan sebagai bahan baku berbagai jenis peralatan rumah tangga dan fashion (tas, pakaian, danlainnya.), insulasi kabel listrik, perpipaan, dan berbagai material konstruksi, termasuk material plafon PVC.

Plus-Minus Plafon PVC

Plafon PVC memiliki berbagai kelebihan, seperti tidak mudah rapuh/pecah, antiair, antikarat, tahan panas, juga antirayap. Berbagai kelebihan ini memberi mengurangi kekhawatiran pengguna akan terjadinya bocor, jamuran, atau diserang rayap. Dengan kata lain plafon PVC relatif kuat dan tahan lama. Plafon PVC juga memiliki beragam warna dan motif, yang akan menambah estetika ruangan. Plafon PVC juga relatif ringan sehingga memudahkan pemasangan.

Di balik berbagai kelebihannya, harga plafon PVC relatif mahal, dan pemasangannya harus oleh ahlinya. Pemasanganharus dilakukan secara tepat dan teliti, karena ketidaktepatan pemasangan akan berdampak pada menurunnya kualitas material. Sambungan dan pemasangan list yang tidak tepat akan berpotensi kebocoran. Ketidaktepatansambungan juga mengurangi nilai estetika, demikian juga jika aplikasi perekat yang digunakan tidak tepat dan menimbulkan noda.

Pemasangan Plafon PVC

Plafon PVC dirancang untuk memudahkan pemasangan dengan sistem knockdown pada rangka kayu atau besi/baja. Perhitungan jumlah rangka dan jarak antarrangka juga harus dilakukan secara tepat agar rangka kuat menahan beban plafon dalam waktu lama. Meskipun instalasinya relatif mudah, untuk hasil terbaik pemasangan harus dilakukan ahlinya.


Setiap lembaran PVC harus dipasang secara bertahap dengan kerapatan yang tepat. Demikian pula dengan pemasangan list plafon. Gunakan jenis lem yang disarankan, dan pilih warna yang sesuai. Untuk mendapatkan daya rekat terbaik, sebelum mengalikasikan perekat lembaran plafon harus dalam kondisi bersih dari debu dan berbagai kotoran.

Apakah Anda tertarik untuk mengaplikasikan plafon yang kuat, tahan lama dan estetis ini?
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :