Tips Memperbaiki Goresan Pada Lantai Kayu

Goresan Pada Lantai Kayu

Jika dibandingkan dengan jenis lantai lain, lantai kayu memiliki keunggulan dalam hal nilai estetis serta kenyamanan. Karena itulah tak mengherankan meskipun lantai kayu relatif lebih mahal tetap saja banyak peminatnya. Namun terkadang hal yang tak diinginkan bisa saja terjadi membuat lantai tak seindah dulu lagi seperti tergores kaki meja, kursi atau akibat benda lain.

Pasti Anda merasa jengkel sudah mengeluarkan banyak dana karena satu kesengajaan atau tidak menyebabkan lantai tergores. Goresan pada lantai kayu merusak keindahannya, tetapi jangan kuatir ternyata memperbaiki goresan relatif mudah. Dengan mengikuti tips berikut ini Anda dapat membuat lantai Anda terlihat seperti baru.

1. Langkah pertama adalah melihat kerusakan yang terjadi. Goresan ringan butuh pendekatan perbaikan yang berbeda dengan goresan dalam.

2. Untuk goresan ringan, ringan gosok wol baja halus (kawat grenjeng) di area yang tergores. Pastikan menggosok searah serat kayu atau justru muncul lebih banyak goresan yang harus diperbaiki.

3. Untuk goresan yang lebih dalam, menggunakan amplas halus pada goresan. Pastikan untuk mengamplas di sepanjang serat kayu.

4. Selanjutnya Gosok bersihkan debu halus sisa dari pengamplasan.

5. Lapisi bagian yang tergores dengan wood filler menggunakan pisau dempul plastik khusus. Pastikan menggunakan filler kayu yang sesuai dengan warna lantai.

6. Biarkan filler benar-benar kering.

7. Setelah filler kering haluskan menggunakan amplas yang tak terlalu kasar.

8. Lapisi area yang diampelas menggunakan vernis, politur, poliuretan, atau produk serupa. Pastikan warnanya sama.

Peringatan: Jangan gunakan roller busa atau sikat untuk menerapkan polyurethane , jika tak mau muncul gelembung udara saat sudah mengering.


Jangan gunakan dempul kayu (tidak sama dengan wood filler) untuk memperbaiki lantai kayu. tambalan akan sangat jelas.

Sumber : www.dummies.com

1 komentar untuk "Tips Memperbaiki Goresan Pada Lantai Kayu"

Comment Author Avatar
Info yang sangat berguna untuk Perawatan
Sering karena aktifitas banyak muncul goresan pada kayu
kini saya paham menanganinya
trims

http://kontraktorjakartablog.wordpress.com/
http://kontraktorrumahkantordijakarta.blogspot.co.id/
http://jasakontraktordijakartaselatan.blogspot.co.id/
http://jasaarsitekturrumahdijakarta.blogspot.co.id/