Inilah 3 Jenis Kayu Terbaik Untuk Kusen

kusen jati, kusen merbau, kusen glugu
Kusen merupakan bingkai yang akan digunakan untuk memasang pintu dan jendela di bangunan ruman. Bahan yang digunakan untuk membuat kusen, biasanya berasal dari bahan kayu. Di Indonesia sendiri, banyak jenis bahan kayu untuk kusen yang sering digunakan. Kayu yang yang dipilih setiap orang tidak sama, tergantung dengan selera dan juga ketersediaan dana yang ada.

Jati

Salah satu jenis kayu untuk kusen yang banyak digunakan adalah jenis kayu jati. Jenis ini disukai karena kayu jati dianggap sebagai salah satu jenis kayu terbaik. Mulai dari tekstur, serat hingga tingkat kekerasan kayu. Kayu jati memiliki karakteristik stabil terhadap cuaca, awet, tahan lama dan kuat. Di sisi lain, pemilihan kayu jati karena jenis kayu ini cenderung kuat dari serangan rayap dan serangga lalin. Hal ini disebabkan dalam serat kayu jati terdapat kandungan minyak yang dibenci binatang.

Dari sudut harga, pemilihan Jati sebagai kayu untuk kusen juga diikuti dengan harga yang lebih mahal. Hal ini selaras dengan kualitas yang ditawarkan kayu jati, sebagai jenis kayu berkualitas. Itulah mengapa, bagi yang memiliki dana terbatas, biasanya akan mengalihkan pada jenis kayu alternatif lain sebagai bahan pembuat kusen.

Merbau

Jenis kayu merbau juga sering digunakan sebagai alternatif bahan kayu pembuat kusen. Jenis kayu ini memiliki karakteristik mirip dengan kayu jati. Kayu Merbau cenderung berkarakter keras dan tahan terhadap cuaca sehingga stabil apabila dipasang di tembok. Tampilan kayu merbau juga cukup menarik dengan seratnya yang tajam untuk memperkuat penampilan lebih elegan.

Glugu

Glugu atau batang pohon kelapa, juga sering menjadi alternatif kayu untuk kusen. Jenis inin memiliki kualitas yang baik, terutama untuk jenis pohon kelapa yang memiliki usia lebih dari 60 tahun. Jenis kuseen yang terbuat dari glugu ini, apabila dipasang akan terlihat unik serta menarik. Karena tampilan serat yang berupa garis putus-putus dengan warna lebih tua serta terlihat jelas, membuatnya tampak eksotik. Semakin tua usia kayu kelapa yang digunakan maka akan semakin jelas tampilan seratnya.
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :