Kenali Dulu Harga Bahan Bangunan Sebelum Membelinya

material bangunan
Dalam sebuah perencanaan pembangunan harus dilakukan secara cermat. Perencanaan ini meliputi semua bidang. Mulai dari perencanaan gambar, rancangan anggaran bangunan, bentuk bangunan, dan juga aspek pelaksanaan. Dalam rencana anggaran bangunan ini, harus diperhitungkan dengan cermat, jumlah kebutuhan bahan bangunan dan termasuk juga mengenai harga bahan bangunan.

Dengan mengetahui berapa harga bahan bangunan yang dibutuhkan akan bisa diperoleh gambaran mengenai berapa kebutuhan dana yang harus disediakan untuk proses pembangunan tersebut. Dalam perencanaan pembangunan, biaya yang dibutuhkan untuk membeli material bahan bangunan biasanya mencapai 2/3 dari keseluruhan anggaran yang dibutuhkan. Sementara itu, anggaran tenaga kerja mencapai 1/3 dari total biaya yang dikeluarkan.

Dengan adanya pertimbangan demikian maka dalam proses penyiapan bahan bangunan harus dilakukan secara cermat. Jangan sampai biaya yang dibutuhkan untuk membeli bahan bangunan melebihi dari anggaran yang sudah dirancang. Oleh karena itu, sebelum merancang biaya yang dibutuhkan, diperlukan survei mengenai harga bahan bangunan terbaru. Tujuannya untuk menghindari over budget dari yang sudah direncanakan. Apabila memang ada selisih terkait fluktuasi harga bahan bangunan, hendaknya jangan melebihi nilai 10% dari harga perkiraan.

Metode Yang Digunakan

Lalu, bagaimana cara untuk bisa mendapatkan informasi mengenai harga bahan bangunan terbaru agar memudahkan proses perencanaan anggaran pembangunan? Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

1. Melakukan survei ke toko bahan bangunan. Namun demikian, biasanya setiap toko bahan bangunan memiliki selisih harga untuk setiap barang yang mereka jual. Oleh karena itu, cara ini bisa digunakan pula untuk mengetahui toko mana yang memberikan harga paling murah untuk jenis barang tertentu. Namun cara ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama dan juga tidak semua toko bersedia memberikan daftar harga apabila kita tidak berbelanja terlebih dahulu.

2. Meminta referensi dari tukang. Biasanya, tukang bangunan memiliki referensi toko mana yang memberikan harga bahan bangunan lebih murah. Hal ini Karena biasanya tukang bangunan akan sering pula berbelanja untuk setiap proyek yang mereka kerjakan. Dengan begitu, tukang bangunan akan mengetahui fluktuasi harga dan toko yang termurah.
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :