Pertimbangan Ini Sebelum Memilih Bahan Bangunan

jenis bangunan, dana, metode
Memilih bahan bangunan yang berkualitas merupakan salah satu cara untuk mendapatkan bangunan yang berkualitas pula. Hal ini adalah dasar dalam tahap pendirian sebuah bangunan. Terlebih, untuk sebuah bangunan yang bertingkat, tentu harus menggunakan bahan bangunan berkualitas tinggi. Sehingga, daya tahan dari bangunan tersebut mampu menahan beban yang lebih besar dibandingkan dengnan bangunan yang tidak bertingkat.

Lantas apa yang menjadi pertimbangan dalam proses memilih bahan bangunan yang tepat untuk bangunan yang hendak dibuat tersebut?

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk menentukan jenis bahan bangunan yang hendak digunakan. Beberapa pertimbangan tersebut, antara lain:

1. Jenis bangunan yang hendak dibuat. Semakin tinggi dan besar bangunan yang hendak dibuat, hendaknya dalam memilih bahan bangunan harus semakin berkualitas. Misalnya dalam memilih besi sebagai rangka bangunan. Semakin besar bangunan tersebut, maka membutuhkan besi yang ukurannya semakin besar pula.

2. Ketersediaan dana. Bahan bangunan yang berkualitas biasanya memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan dengan bahan bangunan yang berkualiltas menengah atau kualitas bawah. Oleh karena itu, bila hendak mendapatkan bahan bangunan yang berkualitas sebaiknya harus menyediakan anggaran yang lebih besar pula.

3. Karakteristik lingkungan. Banguna yang dibuat di daerah yang memiliki karakteristik labil, membutuhkan ketahanan yang lebih dibandingkan sebuah bangunan yang didirikan di kawasan yang berkarakter landai dan stabil. Bangunan yang letaknya di daerah lereng atau berada di tepi jalan, membutuhkan kontruksi bangunan yang lebih kuat agar terhindar dari getaran atau gerakan tanah yang tidak stabil.

4. Metode pembangunan. Pembangunan yang menggunakan atap cor tentu akan membutuhkan semen lebi banyak dibandingkan bangunan yang menggunakan atap genting.

Dari beberapa pertimbangan tersebut di atas maka proses memilih bahan bangunan bisa dengan mudah dilakukan. Hal ini akan membuat proses pengerjaan bangunan menjadi lebih lancar dengan adanya ketersediaan bahan bangunan yang dibutuhkan. Selain melancarkan proses pengerjaan, Anda tidak perlu bingungdalam proses pemilihan material yang hendak dibeli karena sudah direncanakan sejak awal.
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :