Desain Rumah Modern Tropis Untuk Iklim Indonesia

Secara geografis, Indonesia berada di garis khatulistiwa. Oleh karena itulah, tidak heran jika iklim di Indonesia cenderung tropis hangat dan hanya punya dua musim,yaitu musim hujan dan kemarau. Beberapa karakter khusus yang bias ditemukan di Negara beriklim tropis adalah curah hujan yang lebat, suhu rata – rata sepanjang tahunan yang cenderung hangat, serta kelembaban yang tinggi.

Kondisi iklim ini tentu saja mempengaruhi desain arsitektur rumah yang cocok di Indonesia. Jika melihat desain arsitektur rumah di zaman dahulu, rumah – rumah tradisional Indonesia memang dibuat sesuai dengan iklim tropis tersebut. Seiring waktu, desain rumah bukan hanya mengedepankan kenyamanan untuk hunian saja, tapi juga segi estetika tampilannya.

Ada banyak desain rumah modern tropis yang bisa Anda pertimbangkan untuk diimplementasikan di Indonesia.

#1 RumahTropis Modern The Sun House, Singapura

Sebagai negara yang juga memiliki iklim tropis, desain arsitektur rumah di Singapura juga bisa Anda jadikan referensi. Salah satunya adalah The Sun House karya Guz Architect yang ada di Singapura. Rumah ini mengusung konsep rumah yang terbuka dengan penggunaan kisi – kisi kayu yang elegan dan tetap memiliki suasana tropis yang khas.



#2 Rumah Tropis Modern Bartlett Residence, Costa Rica

Desain rumah tropis lainnya adalah desain rumah modern Bartlett Residence karya SARCO Architects yang ada di Costa Rica. Selain cocok dengan iklim tropis, rumah ini juga didesain agar bersimbiosis dengan baik terhadap lingkungan sekitarnya. Salah satunya dengan menggunakan atap jengki yang membantu pembuangan air hujan dengan lebih baik.

#3 Vila Kotemporer, Bali

Bukan hanya desain arsitektur rumah di luar negeri saja, Indonesia juga memiliki rumah tropis yang bias Anda jadikan referensi. Salah satunya adalah Vila Kontemporer di Bali yang merupakan karya Word of Mouth architecture. Vila ini mengadaptasi konsep rumah tropis modern yang menarik. Terdapat bukaan ruang yang maksimal untuk sirkulasi udara dan cahaya, serta kantilever lebar yang membuat bangunan jadi terasa teduh.

Itulah beberapa desain rumah tropis modern yang bisa Anda jadikan referensi.Selain tiga model rumah tersebut, masih ada banyak desain rumah tropis modern lainnya yang bias Anda temukan dan jadikan referensi.

Posting Komentar untuk "Desain Rumah Modern Tropis Untuk Iklim Indonesia"