Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terkenal Sebagai Arsitek Seribu Masjid, Ini 5 Karya Fenomenal Achmad Noe'man


Di balik megahnya bangunan yang ada di Indonesia, tersimpan orang-orang hebat yang memiliki andil. Terutama perancang bangunan atau yang biasa disebut arsitek. Salah satu arsitek berprestasi yang ada di Indonesia adalah Achmad Noe'man.

Achmad Noe'man lahir di Garut Jawa Barat. Berbeda dengan arsitek lainnya, Achmad Noe'man lebih mendedikasikan ilmu dan hidupnya untuk merancang masjid. Banyak bangunan masjid terkenal yang dibangun dari hasil rancangan cerdasnya. Penasaran apa saja masjid hasil karya beliau? Berikut informasi selengkapnya.

1.      Masjid Raya Bandung

Jika pernah berkunjung ke Kota Bandung, pasti pernah melihat kemegahan Masjid Raya Bandung. Di balik kemegahan dan keindahan bangunannya, ada sosok arsitek hebat bernama Achmad Noe'man.

Sejak dibangun pada tahun 1810, Masjid Raya Bandung telah mengalami 8 kali renovasi. Dan terakhir direnovasi pada tahun 2003 dengan menggunakan hasil rancangan Achmad Noe'man. Menyesuaikan dengan kebudayaan Sunda dengan tatanan yang lebih modern.

Selama merancang desain bangunan Masjid Raya Bandung ini, Achmad Noe'man tidak bekerja sendirian. Beliau dibantu oleh arsitek ternama seperti Slamet Wirosanjaya, Arie Atmadibrata, dan H. Keulman.

2.      Masjid At-Tin TMII

Masjid At-Tin terletak di kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur. Dibangun dengan luas 70.000 meter dan mampu menampung 9.000 jamaah. Berbeda dengan desain masjid kebanyakan yang melengkung, Achmad Noe'man mendesain Masjid At-Tin dengan sudut yang lancip tapi simetris.

Inilah yang dinamakan desain kontemporer modern yang inovatif. Dibangun pada awal tahun 1999. Dan bisa digunakan pada akhir tahun yang sama. Hingga sekarang masjid At-Tin masih berdiri kokoh dan digunakan sebagai tempat ibadah umat muslim. Baik bagi masyarakat sekitar maupun para wisatawan yang datang.

3.      Masjid Salman ITB

Mulai dibangun pada tahun 1964. Masjid Salman berada di dalam kompleks Institut Teknologi Bandung. Sama seperti beberapa masjid karya Achmad Noe'man, Masjid Salman didesain dengan bangunan yang lebih efisien. Dengan mengurangi unsur kubah melengkung sebagaimana masjid tradisional pada umumnya.

Masjid Salman ini masih berdiri hingga sekarang. Letaknya dikelilingi oleh rerumputan hijau. Memberi kesan bahwa masjid adalah bangunan yang nyaman untuk berbagai aktifitas selain beribadah.

4.      Masjid Syech Yusuf, Afrika Selatan

Ternyata Achmad Noe'man tidak hanya menelurkan karya hebatnya di Indonesia saja. Beliau juga merancang beberapa masjid di luar negeri. Salah satunya adalah Masjid Syech Yusuf di wilayah Cape Town, Afrika Selatan.

Syech Yusuf sendiri merupakan nama pahlawan dari Indonesia yang meninggal di Afrika Selatan. Masjid ini memang tidak besar. Namun tetap terlihat cantik dan unik karena hasil karya arsitektur dari Achmad Noe'man.

Dibangun dengan batu bata yang ditata dan dicat putih. Memiliki atap berbentuk kubah melengkung yang dicat dengan warna hijau mencolok. Lengkap dengan garis lengkung sebagai ciri khas dari Achmad Noe'man.

5.      Masjid Istiqlal, Sarajevo

Selain di Afrika Selatan, karya Achmad Noe'man juga ada di Eropa. Yaitu sebuah masjid yang bernama Masjid Istiqlal di Sarajevo, Bosnia. Mengapa namanya mirip Masjid Istiqlal di Jakarta?

Iya. Karena Masjid Istiqlal di Sarajevo ini memang dibangun oleh pemerintah Indonesia. Sebagai tanda persahabatan antara Indonesia dengan Bosnia. Masjid ini dibangun dengan sangat modern. Meninggalkan kesan masjid tradisional yang masih lekat dengan kubah beton yang menguncup atau yang terbuat dari keramik.

Selain itu, Achmad Noe'man juga memasang kaca pada kubah. Atau yang biasa disebut sebagai jendela skylight. Ini dimaksudkan agar ada limpahan cahaya alami yang bisa masuk ke dalam masjid.

Itulah berbagai karya hebat dari Achmad Noe'man. Wajar jika Achmad Noe'man dikenal sebagai arsitek seribu masjid. Karena karya beliau memang layak diacungi jempol.

Posting Komentar untuk "Terkenal Sebagai Arsitek Seribu Masjid, Ini 5 Karya Fenomenal Achmad Noe'man"