Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4 Peran Arsitek Sebagai Mitra Konstruksi

 


Jika dikatakan bahwa arsitek adalah mitra konstruksi yang sangat penting adalah benar. Karena arsitek adalah orang yang merancang dan merencanakan sebuah bangunan. Terutama pada konsep, estetika, dan fungsionalitas.

Peran Arsitek Sebagai Mitra Konstruksi

Namun secara garis besar, seorang arsitek tidak hanya sebatas membuat gambar atau mengurus bangunan saja. Lebih dari itu. Seorang arsitek juga mencakup pekerjaan yang lebih luas. Seperti konteks daerah, perkotaan, hingga kompleks sebuah bangunan.

Adapun beberapa peran arsitek pada sebuah konstruksi bangunan, antara lain:

  1. Sebagai Perantara Owner dengan Kontraktor

Pada dasarnya, pekerjaan konstruksi memang dikerjakan oleh kontraktor. Tapi owner lebih banyak berkomunikasi dengan arsitek dibandingkan dengan kontraktor secara langsung.

Ini dikarenakan arsitek bisa menerjemahkan apa yang diinginkan klien kepada kontraktor dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti. Sehingga hasil bangunan akan sesuai dengan apa yang diinginkan klien.

  1. Mengawasi Jalannya Proses Pembangunan

Terlalu merepotkan ketika klien harus melakukan pemeriksaan pekerjaan kontraktor setiap hari. Dengan adanya arsitek, klien tidak perlu melakukan itu. Karena arsitek yang akan mengawasi jalannya proses pembangunan setiap harinya.

Tidak hanya sekedar menggambar denah saja. Seorang arsitek juga melakukan beberapa pekerjaan lain. Seperti memilih bahan bangunan, merancang bangunan, dan juga melaksanakan pembangunan.

  1. Menerjemahkan Apa yang Diinginkan Klien

Klien memang punya imajinasi bangunan yang diinginkan. Namun tanpa ada gambar, kontraktor tidak akan bisa memahaminya. Inilah tugas seorang arsitek. Yaitu menerjemahkan apa yang menjadi imajinasi klien pada sebuah sketsa gambar. Agar kontraktor bisa mengeksekusinya sesuai dengan apa yang diinginkan klien.

  1. Mendampingi Owner Sejak Awal Hingga Selesai Proyek

Nyaris semua bangunan pasti ada masalah saat proses pembangunannya. Disinilah peran arsitek dibutuhkan. Klien bisa mencurahkan apa yang menjadi kendala serta masalah dalam sebuah pembangunan. Dan arsitek pula yang akan memberikan solusi atas permasalah yang terjadi di lapangan.

Ternyata, tugas arsitek sebagai mitra konstruksi sangat penting. Dari alasan inilah perlu mencari seorang arsitek yang handal dan berpengalaman. Agar konstruksi tersebut bisa selesai tepat waktu tanpa harus ada masalah yang tidak bisa diselesaikan.

Posting Komentar untuk "4 Peran Arsitek Sebagai Mitra Konstruksi"