Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pernah Mendengar Arsitektur Tropis? Ketahui 4 Ciri Khasnya di Sini


Berada di negara yang beriklim tropis, tentu bentuk bangunan di Indonesia tidak sama dengan bangunan negara lain yang memiliki iklim berbeda. Bangunan di Indonesia didesain sedemikian rupa agar bisa beradaptasi dan menyesuaikan dengan iklim tropis yang ada di Indonesia. Dari alasan inilah muncul istilah arsitektur tropis.

Ciri Khas Arsitektur Tropis

Lalu bagaimana sebuah bangunan bisa dikatakan menggunakan arsitektur tema tropis? Dan apa pula yang membedakan arsitektur ini dengan style arsitektur lainnya? Berikut ciri-ciri selengkapnya.

1.      Bentuk Atap Miring

Jika diperhatikan, bentuk atap pada rumah hunian negara tropis berbentuk miring. Ini dimaksudkan untuk mempermudah air hujan yang mengenai atap langsung turun ke tanah. Tidak mengendap di atas atap.

Memang ada sebagian hunian yang menggunakan atap datar. Mengadopsi hunian di negara yang beriklim panas seperti di Timur Tengah. Namun atap yang dibuat datar itu telah dilengkapi dengan sirkulasi pembuangan air yang baik. Sehingga air hujan tidak mengendap dan bisa langsung turun ke tanah.

2.      Terdapat Teritisan

Pada rumah hunian tropis memiliki tritisan yang agak lebar. Ini dimaksudkan agar air hujan tidak tampias dan masuk ke dalam rumah. Tritisan ini pula dimaksudkan untuk meminimalkan sinar matahari yang masuk dalam rumah. Sehingga bisa rumah bisa mendapat suplai cahaya alami tanpa disertai hawa panas.

3.      Ventilasi Silang

Ventilasi silang ini adalah ventilasi udara yang banyak dipasang pada beberapa sisi dinding. Ini dimaksudkan agar pertukaran udara di dal rumah bisa lancar. Sehingga rumah lebih sehat dan nyaman.

4.      Material Lokal

Dan ciri khas arsitektur dengan konsep tropis lainnya adalah penggunaan material lokal. Seperti pasir, kayu, batu alam, dan berbagai material lokal lainnya. Penggunaan material lokal ini bukan tanpa maksud. Yaitu agar rumah bisa bertahan dengan baik. Karena materialnya sudah terbukti tahan terhadap suhu dan cuaca di negara tropis.

Bagaimana? Sudah paham mengenai arsitektur tropis dan ciri-cirinya? Tak perlu jauh-jauh menemukan konsep arsitektur tropis. Karena anda bisa menemukannya pada rumah hunian sendiri.

Sumber Image : https://unsplash.com/photos/VsSFYvZjwO8

Posting Komentar untuk "Pernah Mendengar Arsitektur Tropis? Ketahui 4 Ciri Khasnya di Sini"