Desain Struktur Bangunan, Perhitungan Beban pada Kolom, Balok & Slab


Pada perhitungan beban total pada kolom, balok, dan slab kita harus mengetahui variasi beban yang bekerja pada kolom tersebut. Umumnya, susunan Kolom, Balok, dan Slab terlihat pada jenis struktur rangka.

Pada struktur rangka, beban ditransfer dari slab ke balok, balok ke kolom hingga akhirnya sampai pada pondasi bangunan.

Untuk perhitungan beban bangunan, beban-beban pada elemen-elemen berikut ini harus diperhitungkan.

Apakah Kolom itu?

Panjang kolom umumnya 3 kali dimensi penampang lateral terkecilnya. Kekuatan kolom terutama ditentukan oleh bentuk dan ukuran penampang, panjang, lokasi, serta posisi kolom.

Kolom adalah komponen vertikal dalam struktur bangunan, yang utamanya dirancang untuk memikul beban tekan dan tekuk. Kolom adalah salah satu anggota struktural penting dari struktur bangunan. Sesuai beban yang bekerja pada kolom, ukurannya ditambah atau dikurangi.

Apa itu Balok ?

Balok adalah bagian struktural horizontal dalam konstruksi bangunan, yang dirancang untuk memikul gaya geser, momen lentur, dan mentransfer beban ke kolom di kedua ujungnya. Bagian bawah balok mengalami gaya tarik dan gaya tekan bagian atas. Oleh karena itu, lebih banyak tulangan baja disediakan di bagian bawah dibandingkan dengan bagian atas balok.

Apa itu Slab ?

Slab adalah elemen struktural bangunan yang disediakan untuk menciptakan permukaan keras yang rata. Permukaan datar slab ini digunakan untuk membuat lantai, atap, dan langit-langit.

Ini adalah bagian struktural horizontal yang ukurannya dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan luas struktur dan ketebalannya juga dapat bervariasi.

Tetapi ketebalan minimum slab ditentukan untuk konstruksi normal sekitar 125 mm. Umumnya, setiap slab didukung oleh balok, kolom, dan dinding di sekitarnya.

Beban Pada Kolom, Balok & Pelat

1) Berat Sendiri Kolom X Jumlah lantai

2) Balok Berat Sendiri per meter lari

Metode yang paling efektif untuk mendesain struktur adalah dengan menggunakan perangkat lunak desain struktural canggih seperti ETABS atau SAP 2000.

Alat-alat ini mengurangi metode perhitungan manual yang melelahkan dan memakan waktu untuk desain struktural, hal ini sangat dianjurkan saat ini di lapangan.

Untuk praktek desain struktural profesional, ada beberapa asumsi dasar yang kami gunakan untuk perhitungan pembebanan struktural.

3) Beban dinding per meter berjalan

4) Beban total pada Slab (Beban mati + Beban hidup + Berat sendiri)

Selain pembebanan di atas, kolom juga mengalami momen lentur yang harus dipertimbangkan dalam desain akhir.

Posting Komentar untuk "Desain Struktur Bangunan, Perhitungan Beban pada Kolom, Balok & Slab"