Inilah Keuntungan Menggunakan Konstruksi Modular


Bangunan modular tidak hanya membutuhkan waktu lebih sedikit untuk dibangun, tetapi juga menawarkan banyak keuntungan. Ada banyak manfaat positif bagi kru konstruksi, pemilik bangunan, dan lingkungan. Manfaat ini dimulai sejak dari pabrik dimana bangunan tersebut dibuat dan berlanjut sepanjang umur bangunan.

1. Mengurangi Limbah Konstruksi

Metode bangunan tradisional menghasilkan sekitar 56 juta ton puing setiap tahun, sementara konstruksi modular menggunakan perencanaan dan pengukuran yang tepat untuk mengurangi risiko kesalahan dan bahan yang terbuang. Beberapa modul juga dibuat secara bersamaan selama proses ini, sehingga bahan apa pun yang seharusnya dibuang dapat digunakan kembali untuk proyek lain di fasilitas yang sama.

2. Menggunakan Bahan Daur Ulang

Bangunan modular menggunakan berbagai bahan berkelanjutan, banyak di antaranya didaur ulang. Material yang dapat digunakan kembali seperti kayu, baja, dan aluminium dapat membentuk pelapis dinding, rangka, dan atap. Beberapa perusahaan konstruksi modular juga menggunakan bahan inovatif seperti oriented strand board (OSB) yang terbuat dari kayu sumber berkelanjutan yang tumbuh cepat. Para profesional desain modular semakin kreatif dengan material berkelanjutan di bangunan mereka. Misalnya, Wikkelhouses seluruhnya terbuat dari karton daur ulang dan diperkirakan akan bertahan selama 100 tahun.


3. Mengurangi Konsumsi Energi

Karena konstruksi terjadi dalam pengaturan pabrik yang terkontrol, menghasilkan struktur modular menggunakan lebih sedikit energi. Selama konstruksi, penggunaan energi dioptimalkan menggunakan pembelajaran mesin untuk menciptakan proses pembangunan yang ramah lingkungan, dan waktu konstruksi yang lebih singkat menghasilkan pengeluaran energi di tempat yang lebih rendah. Profesional juga dapat memasang panel berinsulasi struktural di bangunan modular untuk menjaga suhu internalnya dengan lebih baik dan mengurangi kebutuhan akan pemanas serta AC.

4. Mengurangi Emisi

Sebuah laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa dari tahun 2017 menemukan bahwa 39% emisi karbon global dihasilkan dari bidang konstruksi, sebagian besar dihasilkan dari transportasi material dan tenaga kerja yang tidak efisien. Dengan mengurangi perjalanan ke dan dari lokasi kerja dan mengoptimalkan pengiriman modul, konstruksi modular dapat mengurangi total pengiriman ke lokasi pembangunan hingga 90%, yang sangat mengurangi total emisi. Selain itu, banyak bangunan modular dilengkapi dengan panel surya untuk menurunkan emisi karbon selama masa bangunan. Pengaturan tenaga surya yang sederhana dapat mencegah 2,5 ton emisi karbon setiap tahun.

5. Memiliki Fitur Ramah Lingkungan

Desain modular modern mencakup banyak fitur yang berfokus pada lingkungan, seperti pencahayaan LED yang dapat diredupkan, pemanas air tenaga surya, sensor hunian, baterai untuk penyimpanan energi, jendela berpanel tiga, dan carport listrik. Perusahaan inovatif seperti Plant Prefab mengutamakan fitur ramah lingkungan, menggunakan bahan tanpa senyawa organik yang mudah menguap (VOC) dan teknologi aliran udara alami untuk menciptakan desain yang lebih sehat bagi manusia dan planet ini.

6. Didesain Agar Tahan Lama — Dan Bisa Digunakan Kembali

Desain bangunan modular memiliki keunggulan tersendiri dalam hal ketahanan dan masa pakai yang lama, tetapi hal ini juga berlaku untuk banyak bangunan tradisional. Keunikan bangunan modular adalah kemudahan pembongkarannya — untuk digunakan kembali di lokasi dan konfigurasi lain atau didaur ulang untuk proyek baru. Saat mempertimbangkan keberlanjutan jangka panjang, bangunan modular yang dapat digunakan kembali membantu mengurangi puing-puing yang dihasilkan oleh pembongkaran, yang menyumbang lebih dari 500 juta ton limbah setiap tahun.

8. Menurunkan Biaya Proyek

Waktu konstruksi yang lebih singkat, biaya transportasi dan tenaga kerja yang lebih sedikit, serta material yang lebih murah membuat konstruksi modular lebih hemat biaya daripada metode bangunan tradisional. Seiring kemajuan teknologi dan proses menjadi lebih efisien, pemilik proyek bahkan dapat melihat peluang lebih jauh untuk mengurangi biaya di masa depan.

Posting Komentar untuk "Inilah Keuntungan Menggunakan Konstruksi Modular"