Awal Oktober KA Ciremai Layani Rute Bandung-Semarang PP

Awal Oktober PT Kereta Api Indonesia (KAI) berencana memperpanjang rute Kereta Api (KA) Ciremai. KA yang saat ini melayani rute Bandung-Cirebon nantinya diperpanjang hingga Semarang.

Kepala Humas PT KAI Daops IV Semarang Krisbiantoro perpanjangan rute tersebut merupakan terobosan. Tujuannya tak lain untuk lebih meningkatkan pelayanan bagi para pengguna jasa transportasi KA yang membutuhkan transportasi untuk jalur Semarang-Bandung.

Apalagi, menurutnya, hingga saat ini jalur tersebut hanya dilayani satu KA, yakni KA Harina yang okupansinya atau tingkat keterisian penumpangnya ternyata cukup tinggi. Menurut dia, tingginya okupansi KA Harina menjadi bukti animo masyarakat yang membutuhkan transportasi di jalur tersebut sehingga diyakini KA Ciremai juga akan banyak diminati oleh pengguna jasa KA.

"Makanya, kami tambahkan satu rangkaian KA lagi untuk jurusan Bandung-Semarang, yakni dengan memperpanjang rute KA Ciremai. Kami optimistis okupansi KA Ciremai nanti juga sangat bagus," katanya.

Perpanjangan rute KA Ciremai, juga sebagai terobosan untuk mendongkrak pendapatan KAI Semarang. Apalagi, tiga stasiun milik Daops Semarang telah diambil alih daops lain. Alih kelola tiga stasiun yang semula ditangani Daops Semarang itu, memang sempat membuat ketertinggalan dari sektor pendapatan walaupun tidak terlalu signifikan, yakni sekitar 4 persen dibanding semula.

"Kami berharap dengan adanya KA Ciremai ini nanti bisa membantu mengejar ketertinggalan pendapatan dari Daops Semarang," katanya.

Mengenai kapasitas penumpang, Krisbiantoro menjelaskan KA Ciremai memiliki dua kelas, yakni kelas eksekutif berkapasitas 200 orang serta kelas bisnis dengan kapasitas sebanyak 248 orang.

Sumber : Antara News

Posting Komentar untuk "Awal Oktober KA Ciremai Layani Rute Bandung-Semarang PP"