Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tahapan Perencanaan Sebuah Bangunan


Proses pembangunan rumah
Tahukah Anda kenapa perencanaan sebelum membangun itu penting? Sebenarnya tujuan utamanya tak lain adalah agar uang anda tidak terbuang sia-sia, hanya karena hasil yang ternyata belum sesuai dengan harapan dan keinginan. Tak hanya itu saja, lewat perencanaan tepat Anda memiliki desain sebagai panduan mengatur anggaran biaya sehingga tak membengkak diluar perencanaan Anda.

Inilah tahapan dalam proses pembangunan :

1. Tahap Pertama: Konsep Rancangan

Pada tahap ini, arsitek menyiapkan segala kebutuhan pembangunan dengan mencari informasi dan data yang diperlukan, menganalisisnya, dan mengolahnya agar pembangunan rumah dapat berjalan dengan lancar, sempurna, dan sesuai dengan keinginan Anda.


2. Tahap Kedua: Pra-Rancangan

Pada tahap ini, arsitek akan menyusun pola, membuat gambar rumah secara kasar, dan melakukan perhitungan tentang estimasi biaya dan waktu yang diperlukan.

3. Tahap Ketiga: Pengembangan Rancangan

Setelah Anda menyetujui pra-rancangan, arsitek akan mengembangkan rancangan tersebut lebih mendetail dan akan diperlihatkan kembali pada Anda. Jika Anda menyetujuinya, pengembangan rancangan ini akan dijadikan rancangan akhir untuk membangun rumah.

4. Tahap Keempat: Pembuatan Gambar Kerja

Pada tahap ini, arsitek akan membuat gambar, syarat teknik pembangunan, uraian teknik, serta perhitungan biaya dan waktu yang lebih rinci dan detail.

5. Tahap Kelima: Proses Pengadaan

Pada tahap ini, arsitek akan mengolah gambar kerja menjadi Dokumen Pelelangan ditambah dengan Rencana Kerja dan Syarat-Syarat Teknis (RKS), Rencana Anggaran Biaya (RAB), dan Daftar Volume (BQ).


6. Tahap Keenam: Pengawasan

Pada tahap ini, arsitek akan melakukan pengawasan di lapangan pada waktu-waktu tertentu, misalnya setiap 2 minggu sekali, dan bertemu dengan Anda secara teratur untuk melaporkan proses pembangunan rumah.

Gambar Desain Tempat Usaha
Desain Pertokoan NTT


Apakah saat ini Anda sedang membutuhkan biro jasa desain bangunan?  Anda dapat berkonsultasi seputar desain bangunan dengan kami, caranya silahkan hubungi kami melalui no. kontak yang kami sediakan.


SEGERA HUBUNGI KAMI
KLIK DIBAWAH



Posting Komentar untuk "Inilah Tahapan Perencanaan Sebuah Bangunan"

Berlangganan via Email