Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menciptakan Ruang Karaoke Di Rumah. Bagaimana Caranya Ya?


Apa yang selalu Anda lakukan saat bosan? Mungkinkah bernyanyi meskipun suara tak begitu merdu? Bernyanyi adalah kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa menumpahkan segala emosi melalui lagu yang Anda nyanyikan. Lebih seru lagi jika bernyanyi dalam ruang karaoke. Sayangnya, kita tidak selalu bisa pergi ke tempat karaoke. Bagaimana jika Anda membuat
ruang karaoke di rumah? Selain bisa bernyanyi heboh kapan saja, Anda juga bisa mengajak semua anggota keluarga seru bersama.

Ruang Karaoke = Ruang Kedap Suara?

Karena dibangun di dalam rumah, desain ruang karaoke sangat lekat dengan sang pemilik rumah. Anda mungkin sering menemui ruang karaoke yang kedap suara, bukan? Apakah Anda tertarik membuat ruang karaoke di rumah dengan konsep yang sama? Jika iya, maka Anda harus mempersiapkan material peredam ruangan.

Jika Anda hanya ingin ruang karaoke sederhana saja di rumah, maka Anda tidak perlu membuat ruang kedap suara khusus.

Persiapan Membuat Ruang Karaoke Di Rumah

Sama seperti saat Anda menyiapkan ruang khusus untuk bekerja, ruang karaoke di rumah harus dipikirkan betul pembangunannya. Anda bayangkan saat sedang seru berkaraoke. Apakah tidak mengapa jika suara Anda sampai terdengar ke luar ruangan atau bahkan sampai ke rumah tetangga Anda? Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal, seperti:

  1. Menyediakan ruangan dengan pelapis dinding. Anda bisa membeli pelapis dinding di toko-toko furniture atau material. Ada yang berupa karpet dengan lem perekat. Ada pula yang berupa peredam suara berbahan greenwool atau rockwool.

  2. Jangan lupa untuk melapisi ujung pintu ruangan dengan karet ban. Tujuannya agar suara kencang tidak akan bocor keluar melalui celah-celah pintu.

  3. Ketika seluruh sisi ruangan sudah dilapisi peredam, Anda bisa mengecat ulang ruangan dengan warna yang Anda kehendaki. Gunakan warna cat yang tak terlalu gelap. Jika itu cokelat, maka jangan pilih cokelat tua. Jika itu pink, lebih baik memilih soft pink. Sesuaikan saja dengan selera Anda. Anda juga bisa menggunakan wallpaper untuk menimpa material peredam suara tadi. Supaya lebih chic kelihatannya.

  4. Sediakan pendingin ruangan. Karena kalau sudah menyanyi biasanya suhu ruangan menjadi panas. Ada alat elektronik yang terus menyala. Ditambah jendela yang pasti ditutup.

  5. Tata peralatan karaoke Anda sedemikian rupa. Anda juga bisa menggunakan proyektor mini dan laptop sebagai pengganti tv. Ciptakan layar lebar di dinding seketika.

  6. Sebaiknya stop kontak jangan dipasang terlalu ke bawah. Supaya tidak mudah dijangkau oleh anak-anak. Bagaimanapun, anak Anda mungkin bisa masuk ke ruang karaoke di rumah ini.

Melepas penat usai bekerja dengan bernyanyi jadi terasa lebih private jika Anda memiliki ruang karaoke di rumah, bukan? Anak-anak juga bisa menggunakan ruangan ini untuk latihan vokal demi tugas sekolah. Selamat berkaraoke ya!

Posting Komentar untuk "Menciptakan Ruang Karaoke Di Rumah. Bagaimana Caranya Ya?"