Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Jurusan Arsitektur di 3 Kampus Terbaik Indonesia 2021


Bicara masalah
jurusan arsitektur terbaik di Indonesia, tidak akan pernah jauh-jauh dari perguruan tinggi negeri. Tapi tahukah anda? Bahwa tidak hanya perguruan tinggi negeri saja yang memiliki jurusan arsitektur dengan kualitas yang tidak diragukan. Banyak perguruan tinggi swasta yang juga menyediakannya.

Jurusan Arsitektur Terbaik di Indonesia 2021

Penasaran apa saja kampusnya? Ini 3 rekomendasi PTS yang menyediakan jurusan arsitektur berkualitas.

  1. Universitas Taruma Negara, Jakarta

Universitas Taruma Negara ini bersebelahan dengan Universitas Trisakti yang ada di Kawasan Grogol, Jakarta Barat. Berdiri pada tahun 1959. Awalnya hanya sebagai sekolah teknik arsitektur di Jakarta. Namun pada tahun 1962, berubah menjadi jurusan arsitektur pada fakultas tekniknya.

Banyak yang mengatakan kuliah di sini mahal. Pada tahun ajaran 2019/2020 saja, biaya pendidikan untuk jurusan arsitektur di sana mencapai total 143 juta selama kuliah.

  1. Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta

Kampus UII ini terletak di daerah Kaliurang, Yogyakarta. Merupakan universitas swasta tertua di Yogyakarta. Didirikan pada tahun 1945. Dan salah satu jurusan yang paling banyak diminati adalah jurusan arsitektur yang masuk pada fakultas teknik sipil dan perencanaan.

Jika menginginkan kuliah arsitektur di sana, siapkan uang antara 99 juta hingga 125 juta. Itu merupakan biaya pendidikan hingga lulus. Belum termasuk biaya hidup seandainya ada yang dari luar kota Yogyakarta.

  1. Universitas Katholik Parahyangan, Bandung

Dari namanya saja pasti sudah tahu bahwa Universitas Parahyangan berada di Kota Bandung. Universitas ini didirikan pada tahun 1955. Sedangkan jurusan arsitekturnya sendiri berdiri tahun 1960.

Banyak yang tertarik untuk masuk Unpar ini. Sayangnya tidak semua calon mahasiswa bisa masuk dengan mudah. Ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu harus bisa menggambar agar bisa masuk di di Jurusan Arsitektur ini.

Tapi tenang saja. Kuliah arsitektur di sini tidaklah mahal, hanya 35 juta saja. Lebih terjangkau dibandingkan dengan kampus lainnya.

Bagaimana? Tertarik masuk jurusan arsitektur terbaik di Indonesia? Tidak hanya uang saja yang harus dipersiapkan. Tapi juga kemampuan dan kemauan yang kuat. Karena untuk bisa menjadi arsitek diperlukan kemauan yang baik untuk berpikir dan bekerja.

Posting Komentar untuk "3 Jurusan Arsitektur di 3 Kampus Terbaik Indonesia 2021"