Mengenal Jenis Kayu Untuk Konstruksi Rumah

Informasi jenis kayu untuk konstruksi

Kayu termasuk jenis  material yang sering digunakan sebagai bagian dari sebuah bangunan, misalnya pada  kuda-kuda, rangka atap, kusen dan daun pintu ataupun jendela. Kayu yang digunakan untuk masing-masing bagian sebuah bangunan tersebut bisa saja berbeda beda karena itu pemilihan material yang sesuai sangat diperlukan.

Walaupun akhir-akhir ini mulai muncul material pengganti kayu seperti baja ringan untuk rangka atap dan alumunium untuk kusen  namun kayu masih tetap menjadi pilihan utama. Untuk bisa memilih jenis kayu mana yang kita butuhkan pengetahuan mengenai kayu sangatlah penting, Tiap kayu memiliki sifat dan ciri tersendiri, baik dalam segi keindahan serat, kadar air, keawetan, berat jenis, kerapatan, maupun kekuatan.

Berikut ini beberapa jenis kayu yang sering digunakan pada desain dan struktur rumah.

1. Kayu jati

Kayu jati sering dianggap sebagai kayu yang memiliki serat kayu paling indah lika dibandingkan dengan serat kayu lainnya. Selain itu, karakter yang dimiliki kayu jati menjadikan jenis kayu ini memiliki kualitas terbaik. Memiliki ketahanan yang cukup lama, stabil, dan kuat merupakan karakter yang sangat cocok digunakan sebagai material rumah. Selain memiliki ketahanan yang cukup lama dan cocok digunakan sebagai material struktur bangunan, kayu jati juga menjadi pilihan yang sangat bagus jika digunakan sebagai furnitur maupun kosen dan pintu. Kayu jati memiliki kandungan minyak yang mengakibatkan kayu ini tahan terhadap iamur dan rayap. Dengan keunggulan karakter yang dimilikinya maka tidak aneh lika harga kayu jati sangat mahal.

2. Kayu Merbau

Kayu merbau memiliki tingkat kekerasan yang sansat tinggi. Jenis kayu ini sangat cocok digunakan sebagai bahan materi pada struktur, misalnya digunakan pada kuda-kuda atap. Sama halnya dengan kayu jati, jenis kayu merbabu juga memiliki ketahanan terhadap serangga. Kayu merbabu juga memiliki serat yang cukup menarik walaupun tidak seindah serat kayu jati.Warna kecokelatan dan kemerahan dengan serat kayu  berwarna kekuningan menjadikan daya tarik tersendiri pada jenis kayu ini.

3. Kayu Bengkirai

Kayu bengkirai merupakan jenis kayu yang cukup awet. Kayu jenis ini memiliki tingkat kegetasan yang cukup tinggi sehingga sering timbul retak rambut (pin hole) pada badan kayu. Walaupun ada retak rambut pada badan kayu, tetapi jenis kayu ini sangat cocok digunakan sebagai material struktur dan mampu menopang beban yang berat. Hal ini dikarenakan, tingkat kekuatan yang dimiliki kayu sangat besar. Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki kayu bengkirai adalah tingkat ketahanan terhadap cuaca.Jenis kayu ini sangat awet sehingga sering digunakan pada bangunan eksterior rumah.

4. Kayu Kamper

Jenis kayu ini lebih sering dijadikan alternatif sebagai material pintu, kusen,maupunjendela. Selain karena harganya yang cukup teriangkau,ienis kayu ini tidak mampu menopang beban yang terlalu besar. Jenis kayu kamper tidak memiliki tingkat kegetasan yang tinggi seperti kayu bengkirai atau iati. Selain itu, kekurangan lain yang dimiliki kayu kamper jika digunakan sebagai material struktur adalah kecenderungan perubahan bentuk. Jenis kayu ini dapat mengalami penyusutan ataupun perubahan bentuk (seperti melengkung).

Oleh karena itu, jenis kayu ini lebih direkomendasikan sebagai material yang digunakan sebagai ornamen dan pelengkap tampilan rumah Anda.

Material kayu yang baik memiliki karakter sebagai berikut :

1. Kayu harus dalam keadaan kering dengan derajat kelembaban kurang dari 5% .
2. Tekstur kayu harus lurus dan tidak bengkok.
3. Kayu harus kokoh menahan beban apabila dipakai sebagai kuda-kuda,rangka atap, dan struktur.
4. Kayu yang baik harus tahan terhadap rayap.
5. Kayu yang digunakan sebagai struktur sebaiknya tidak terdapat mata kayu karena akan mengurangi  kekuatan kayu
6. Tapi, jika menggunakan kayu sebagai pintu maka pilihlah kayu yang memiliki mata kayu karena akan menjadi motif alami yang cukup unik.

Sumber : dari berbagai sumber
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook

6 komentar :

  1. Minimum kalalu bisa memang kayu kamper, kalau dibawahnya riskan tidak tahan lama.

    BalasHapus
  2. Faktanya banyak sekali masyarakat yang kurang faham soal kayu. Asal menggunakan kayu dengan kualitas rendah.

    BalasHapus
  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Arsitektur. Arsitektur merupakan suatu aspek yang sangat perlu diperhatikan dalam berbagai hal. Saya memiliki beberapa tulisan sejenis mengenai arsitek yang dapat dilihat di www.ejournal.gunadarma.ac.id

    BalasHapus
  4. Harga Jual Paving Block Bagi anda yang sedang mencari material Paving Block kami jual Paving Block berkualitas dengan harga yang bersaing. Selain memproduksi material Paving Block dengan berbagai macam type seperti Paving Block Model Bata, Paving Block Model Topi Uskup,Paving Block Model Cacing, Paving Block Model Hexagonal atau Segienam, Paving Block Model Trihex.

    BalasHapus
  5. Jadi tambahan refrensi tentang jenis jenis kayu
    Terima Kasih Informasinya

    BalasHapus