Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Sistem Ventilasi Pada Hunian Sehat Untuk Keluarga

Ketersediaan ventilasi pada rumah menjadi penentu sehat tidaknya hunian tersebut. Ventilasi yang memadai dapat menciptakan rumah yang sehat untuk seluruh anggota keluarga. Sistem ventilasi dapat mengganti udara kotor di dalam rumah menjadi udara bersih. Untuk membuat sistem ventilasi yang baik, terdapat syarat yang perlu diperhatikan.

Luas Lubang Ventilasi

Ukuran luas ventilasi tetap pada hunian permanen setidaknya terpenuhi 10% dari luas lantai sebuah ruangan. Sedangkan untuk ukuran luas lubang ventilasi insidentil yang bisa dibuka dan ditutup harus memenuhi minimal 5% dari luas lantai. Ukuran tersebut sangat dianjurkan diterapkan pada setiap rumah. Ventilasi yang sesuai dengan luas ideal memungkinkan udara sehat masuk ke dalam rumah.


Perawatan Air Condition (AC)

Untuk rumah yang minim ventilasi, bisa menggunakan Air Condition (AC) untuk melancarkan sirkulasi udara. Hanya saja yang terbaik memang ventilasi alami. Tentu saja penambahan AC turut menguras energi listrik di rumah. Penambahan biaya juga perlu dilakukan karena AC membutuhkan perawatan rutin. AC perlu dirawat sesuai dengan petunjuk pemeliharaan yang selalu ada dalam kemasan saat baru membeli. Apabila ragu, layanan jasa perawatan AC bisa menjadi solusi tercepat.

Kondisi Udara Yang Masuk Ke Dalam Rumah

Udara yang masuk ke dalam ruangan harus bersih dan tidak tercemar oleh polusi dari asap dan debu. Kebersihan udara menjadi penentu kesehatan seluruh anggota keluarga. Udara yang bersih membuat pernapasan menjadi lebih nyaman. Kondisi rumah juga tidak mudah kotor. Setiap orang akan merasa tenang di dalam rumah dengan tersedianya udara bersih. Untuk menangkal polusi dan debu dari luar, area hijau atau menanam pohon di depan rumah menjadi solusi yang mudah.

Aliran Udara Pada Rumah

Udara diharapkan mengalir secara silang atau cross ventilation. Untuk mendapatkan aliran silang bisa didapatkan dengan cara meletakkan lubang udara saling berhadapan antara dua dinding suatu ruangan. Dengan begitu, udara yang masuk akan dialirkan maupun dikeluarkan secara langsung melalui satu jendela. Udara dapat mengalir lancar tanpa harus bersembunyi di dalam rumah. Cara ini cukup efektif untuk membuat ruangan tetap sejuk dan bersih tanpa bantuan AC.

Kondisi Kelembapan Udara

Kelembapan udara di dalam rumah benar-benar harus dijaga. Rumah yang cenderung lembap dapat ditumbuhi jamur dan tempat berkembangnya bakteri. Kelembapan udara diusahakan selalu normal, tidak terlalu rendah atau tinggi. Ventilasi yang cukup dapat membuat sinar matahari masuk, sehingga menjaga kelembapan udara di dalam rumah. Jendela dan gorden perlu dibuka setiap pagi agar sinar matahari masuk dan udara berganti.

Menyediakan sistem ventilasi yang baik, mengartikan kepedulian terhadap kesehatan keluarga. Ventilasi yang kurang memenuhi syarat kesehatan dapat menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Agar tercipta hidup yang berkualitas maka hitunglah jumlah ventilasi yang dibutuhkan saat akan membangun rumah!

Posting Komentar untuk "Syarat Sistem Ventilasi Pada Hunian Sehat Untuk Keluarga"

Berlangganan via Email