Tips Penting dalam Merancang Desain Bangunan Cafe Minimalis Kekinian


Bisnis cafe kini tengah menjamur di berbagai kota. Ladang usaha kuliner ini memang cukup menggiurkan. Fungsi kedai kopi dan makanan tersebut bukan hanya sebagai tempat nongkrong semata. Banyak orang yang memanfaatkan tempat ini untuk belajar dan bekerja. 

Tips Merancang Desain Bangunan Cafe Minimalis

Ukurannya pun tidak perlu besar dan mewah. Ruang kecil dapat disulap menjadi konsep minimalis. Pengunjung akan merasa nyaman dengan desain bangunan cafe minimalis yang baik tertata. Untuk itu, pemilik perlu mengaplikasikan tips penting dalam rancangannya.

Menerapkan Prinsip “Less is More”

Dalam membuat desain bangunan cafe minimalis perlu konsep “Less Is More”. Karena tempat nongkrong ini berdiri pada tanah yang ukurannya terbatas. Pemilik tidak boleh memasukkan semua barang ke dalam ruangan. 

Hanya memerlukan barang dan peralatan yang penting dan sesuai kebutuhan saja. Ini berlaku juga pada desain interiornya. Jika tidak, ruangan akan penuh dengan peralatan yang sia-sia. Sehingga penggunaan material dan peralatan harus optimal.

Menentukan Konsep dan Tema Cafe

Ruang minimalis bukan berarti menyediakan hal yang monoton. Meskipun ukurannya sempit, cafe kecil memerlukan konsep desain yang tepat. Untuk itu, pemilik usaha harus menentukan tema terlebih dahulu. Agar rancangan model ruangan dan interiornya dapat disesuaikan. Pengusaha kedai kuliner ini juga perlu memastikan pengaturan ruang dapat memberikan kenyamanan pada pelanggan.

Memilih Warna Netral atau Pastel

Konsep cafe pada ruangan sempit kurang cocok dengan warna cat berwarna-warni. Tapi, bukan berarti tidak bisa bermain dengan warna. Warna netral atau pastel dapat menampakkan kesan luas, sederhana dan tenang. Pengusaha dapat mengaplikasikan warna putih, krem, ungu muda, dan cokelat muda. Tidak ada salahnya menambah beberapa pernak-pernik pada beberapa titik agar tidak terlihat monoton.

Mengutamakan Keleluasaan dan Kenyamanan

Sebenarnya, tempat nongkrong yang asyik mengutamakan kenyamanan pelanggan. Dalam hal ini, keleluasaan menjadi aspek penting. Usahakan selalu menjaga jarak antar meja dan kursi tidak sempit. Agar pelanggan dapat bergerak dengan mudah. Ruangan minimalis akan terasa luas dengan meninggikan ceiling. Pemasangan pintu dan jendela kaca yang besar membuat kesan lapang.

Desain bangunan cafe minimalis bukan hanya mengedepankan tampilan luar yang menarik. Tempat nongkrong anak muda ini, sebaiknya dibuat dengan rancangan yang tepat pada bagian interior. Agar dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan. 

Sumber Image : futuristarchitecture.com


Posting Komentar untuk "Tips Penting dalam Merancang Desain Bangunan Cafe Minimalis Kekinian"