Mengenal Profesi Kontraktor


Kontraktor adalah perseorangan atau badan usaha penyedia jasa dalam pelaksanaan pembangunan
gedung ataupun rumah. Orang kebanyakan sering menyebut dengan istilah pemborong. Kontraktor,
sebagai tenaga ahli, sebaiknya memiliki latar belakang yang luas pada bidang pembangunan, selain memiliki bekal ilmu teknik seperti teknik sipil, arsitektur, dan lanskap, kontraktor juga harus mengerti soal keuangan serta manajerial. Pengetahuan dan ilmu yang dimiliki kontraktor
bakal jadi penentu kelancaran pembagunan.
Sebelum menunjuk satu kontraktor untuk melaksanakan satu pekerjaan, kita harus sangat selektif karena keputusan akhir dalam menentukan kontraktor akan memengaruhi proses pekeriaan dari awal hingga akhir, tentu saia juga berpengaruh pada hasil akhir dari pembangunan. Satu hal yang perlu kita garis bawahi Kesalahan saat memilih atau menentukan kontraktor akan sangat merugikan pemilik rumah/bangunan.  Dampak yang sering dialami oleh pemilik rumah/gedung yang salah dalam memilih kontraktor adalah kualitas bangunan yang buruk hingga harus diadakan perbaikan atau renovasi yang cukup banyak.
Ada beberapa acuan yang bias kita gunakan dalam memilih kontraktor diantaranya :
1.       Pilih kontraktor yang memiliki latar belakang pendidikan teknik baik, misalnya kontraktor yang terdiri dari tim yang telah lulus dari pendidikan teknik sipil atau arsitektur karena dianggap memiliki dasar pemahaman yang baik tentang Proses pembangunan dan desain rumah. Biik ditinjau dari segi estetika maupun ketahanan struktur terhadap goncangan, misalnya gemPa.
2.       Selain latar belakang pendidikan, ada pula penilaian lain yang dapat diiadikan bahan pertimbangan dalam memilik kontraktor, yaitu pengalaman keria. Pengalaman kerja dari kontraktor akan sangat memengaruhi ketelitian pekerlaan dan waktu yang dibutuhkan dalam proses pembangunan. Kontrakor yang memiliki iam terbang yang cukup tinggi akan menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang tidak terlalu lama, tetapi tetap mengutamakan kualitas dari pekeriaan.
Dengan kehati-hatian kita dalam memilih kontraktor harapanya hasil akhir yang didapat bakal memuaskan, tak hanya dari sisi estetika saja namun juga kekuatan dan tentu saja sesuai dengan anggaran yang telah kita siapkan.
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook

2 komentar :

  1. Setuju, sebelum memilih kontraktor ada baiknya melihat hasil kerjanya yang sebelumnya untuk tolok ukur pertimbangan.

    BalasHapus
  2. Info yang menarik
    trims

    http://kontraktorjakartablog.wordpress.com/
    http://kontraktorrumahkantordijakarta.blogspot.co.id/
    http://jasakontraktordijakartaselatan.blogspot.co.id/
    http://jasaarsitekturrumahdijakarta.blogspot.co.id/

    BalasHapus