Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi Rumah Pendopo Yang Kekinian

 


Pada zaman dahulu, pendopo adalah ruangan terbuka yang terdapat pada bagian depan rumah Jawa. Orang-orang sering berkumpul di pendopo untuk membicarakan sesuatu yang menyangkut hajat hidup orang banyak. Seiring berjalannya waktu, area rumah khas Jawa ini diadaptasi ke hunian-hunian kelas menengah ke atas. Inspirasi rumah pendopo selalu dicari pemilik bangunan dengan lahan yang luas. Mereka ingin bagian depan rumah tidak hanya berupa kebun dan teras biasa.

Berikut kami ulas inspirasi rumah pendopo kekinian lengkap dengan pakem yang sudah ada sejak dulu.

Bentuk Atap

Desain rumah Jawa dengan pendoponya identik dengan atap yang rumit dan kental dengan sentuhan budaya. Orang-orang biasanya hanya mengenali atap Joglo untuk bentuk atap rumah khas Jawa. Sementara itu, terdapat tiga bentuk atap rumah khas Jawa yang sering dijadikan inspirasi rumah pendopo masa kini.

v  Joglo. Kesan rumah khas Jawa sangat terasa kental dengan menggunakan atap ini. Karakteristik atap Joglo ada pada kekhasan dan kerumitan bentuk. Terdapat 4 tiang utama yang menyokong bubungan atap di atasnya. Atap utamanya terlihat lebih curam dibandingkan jenis atap khas Jawa lainnya. 

v  Limasan. Atap khas rumah Jawa ini bisa jadi yang sering Anda lihat. Atapnya disokong oleh 4 tiang dasar dan dua tiang pada salah satu ujung atap.

v  Kampung. Atap khas rumah Jawa ini yang paling biasa diantara yang lain. Atapnya memiliki bubungan dengan penyangga berupa sumbu Utara-Selatan. Terdapat 4 tiang penyangga di tengah yang menyokong keseluruhan bubungan.

Yang Harus Dimiliki Rumah Pendopo

Pendopo layaknya paviliun yang terletak di depan rumah sebelum rumah utama. Biasanya pendopo dibangun di atas lahan yang sangat luas dan dijadikan komplek rumah dengan semua bagian rumah khas Jawa. Inspirasi rumah pendopo masa kini tidak terlalu menggunakan pakem pendopo zaman dahulu. Namun, nilai estetika dan budaya yang kental bisa diwakili oleh:

l  Atap Joglo yang membumbung tinggi dengan tingkat kecuraman tertentu.

l  Jalur pringgitan yang menghubungkan pendopo dengan omah. Omah adalah rumah utama dari komplek tersebut.

l  Tiang penyangga yang diukir khas Jawa. Untuk satu ini, Anda bisa menyesuaikan dengan dana yang tersedia.

l  Lantai warna bata atau tanah. Anda bisa menggunakan lantai terakota yang natural.

Ornamen Di Sekitar Pendopo

Pendopo biasanya tidak diisi barang-barang tertentu. Namun, inspirasi rumah pendopo modern membebaskan pemiliknya menata rumah bagian depan ini sesuai selera. Anda bisa menghias pendopo dengan:

Ø  Karpet bulu rasfur lembut atau velvet. Jika tidak duduk lesehan, maka Anda bisa mengganti karpet dengan kursi dan meja kayu berpelitur kecokelatan mewah.

Ø  Letakkan beberapa pot tanaman kekinian seperti aglonema, monstera, begonia, dan calathea.

Ø  Lampu gantung dengan ukiran khas Jawa wajib ada sebagai penerangan.

Ø  Kolam ikan di seberang pendopo. Anda bisa memelihara ikan hias seperti mas koki atau koki untuk memberi efek segar saat memandang keluar dari arah pendopo.

Jika Anda tertarik membuat rumah khas Jawa, inspirasi rumah pendopo mana yang akan Anda ambil?

Posting Komentar untuk "Inspirasi Rumah Pendopo Yang Kekinian"