Tips Agar Tak Salah Bikin Floor Plan Rumah

Seringkali orang mendesain rumah tak cukup memperhatikan floor plan mereka. Meski nampaknya sepele hal ini nantinya bisa menyebabkan beberapa masalah, ketika kebiasaan dan kebutuhan pemilik tak sesuai dengan desain. Dengan demikian, penting untuk merancang denah lantai yang memenuhi persyaratan dan tidak memunculkan masalah bagi Anda di kemudian hari.
Di bawah ini beberapa kesalahan umum floor plan terjadi tanpa disadari saat merancang rumah atau membeli rumah. Hal ini akan membantu Anda mempelajari dan menghindari kesalahan tersebut.

Mengetahui Kebutuhan dan Kebiasaan Anda

Banyak orang lupa memperhatikan kebiasaan dan kebutuhan mereka saat membuat rencana lantai. Sebagai contoh, sebuah rumah bertingkat dengan tangga bisa menjadi masalah bagi orang yang punya masalah punggung. Dengan demikian, sangat penting, Anda mendata kebutuhan dan kebiasaan keluarga Anda sebelum menyelesaikan floor plan atau membeli sebuah rumah baru.

Meminta Saran Ahlinya

Boleh saja jika Anda tidak mengerti floor plan yang dikembangkan arsitek Anda. Anda orang yang awam soal gambar dan desain rumah, oleh karena itu tak perlu ragu meminta penjelasan mereka saat proses pembuatan denah rumah Anda. Kalau perlua, Anda harus meminta mereka menerjemahkan gambar yang dibuat. Hal ini akan menghindari masalah yang nantinya mungkin Anda hadapi.

Perhatikan Berapa Budget Anda

Kesalahan umum lainnya yang sering dilakukan adalah mengabaikan anggaran. Sangat penting untuk mengontrol kemampuan dan anggaran saat membuat floor plan. Meskipun, Anda mungkin berencana untuk menambah lantai di masa mendatang atau konsep rumah tumbuh. Cermati apakah hal tersebut melebihi kemampuan anggaran atau tidak dan tidak membuat Anda semakin pusing di kemudian hari. Jika memang Anda ingin mengembangkan rumah Anda dalam beberapa tahap pastikan kondisi finansial Anda benar-benar aman.

Keselamatan Adalah Nomor Satu

Keselamatan anggota keluarga Anda, terutama anak-anak, balita dan orang tua sangat penting saat Anda memilih fitur lantai. Periksa dan pastikan agar daerah-daerah tertentu menggunakan lantai antai selip seperti daerah tangga, kamar mandi dan balkon.

Cahaya dan Udara Segar yang cukup

Banyak orang bahkan saat membuat floor plan melupakan rencana rumah yang pada udara dan sinar matahari. Anda harus memeriksa bahwa ruangan memiliki ventilasi yang baik dan pencahayaan alami yang cukup.

Semua Harus Diukur

Kesalahan umum yang sering terjadi saat pembuatan floor plan, orang menentukan ukuran kamar berdasarkan asumsi. Namun, hal tersebut menjadi masalah ketika ternyata perabot yang mereka miliki tak sesuai atau parahnya tak muat masuk sebuah ruangan. Karena itulah Anda harus melihat perabotan apa yang nantinya masuk serta ukurannya berapa sebelum menentukan berapa luasan sebuah ruangan dalam rencana denah.

Sumber Image : www.tandemproperties.com


Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook

2 komentar :

  1. Terimakasih untuk info yang bermanfaat.
    http://www.arkostudioarsitek.com/

    BalasHapus
  2. Terimakasih untuk artikelnya sangat bermanfaat, karena saya juga sedang mencari referensi dalam membuat site plan rumah, terutama pada bagian kamar mandi dan tata letak pintu kamar mandi nya sehingga bisa dengan nyaman di gunakan.

    BalasHapus