Tahun 2016 Jalur Kereta Kedungjati-Tuntang Akan Direalisasikan

Pembangunan jalur Jalur kereta api Kedungjati – Tuntang menjadi salah satu prioritas PT Kereta Api Indonesia (KAI). Rencananya jalur ini akan direalisasikan tahun 2016. Sejumlah persiapan pun sudah dilakukan diantaranya pengadaan rel yang kini sudah berada di Stasiun Brumbungan dan Kedungjati.

Selain pembangunan jalur tersebut ada pengembangan jalur lain mulai dari kegiatan reaktivasi, pembangunan double track, pembuatan akses simpul, elektivikasi, peningkatan rel/emplasemen serta pembangunan baru di wilayah Kota Semarang dan sekitarnya.

Jalur yang akan dibangun meliputi beberapa daerah seperti Tawang - Pelabuhan Tanjung Mas dengan panjang 2,5 kilometer, Semarang - Demak – Rembang sepanjang 118 kilometer, serta Demak - Purwodadi -Blora panjang 109 kilometer.


Namun rencana tersebut masih mengalami sejumlah kendala, salah satunya adalah reaktivasi Tawang – Pelabuhan Tanjung Mas yang hanya sepanjang 2,5 kilometer masih terkendala politik. Lahan PTKAI justru disertifikasi.

Reaktivasi jalur KA Tawang - Pelabuhan memiliki manfaat bagi masyarakat luas terutama Jawa Tengah. Jika jalur ini dapat beroperasi bakal mengurangi beban jalan raya serta memperlancar distribusi barang.

Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) juga sudah mempersiapkan lahan reaktivasi jalur KA menuju pelabuhan Tanjung Emas. Pengurukan dilakukan di atas lahan yang sebelumnya sebagai jalur rel KA, sepanjang 300 meter dengan lebar 30 meter.


Rencana Pembangunan Jalur Kereta di Jateng/DIY

Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :