Tahun Depan KA Bandara Soekarno-Hatta Mulai Beroperasi

Kereta Bandara Soetta
Presiden Direktur PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi mengatakan hingga saat ini progres pembangunan stasiun kereta bandara ini baru mencapai 19%. Meskipun demikian Budi tetap optimistis kereta api bandara bakal beroperasi pada kuartal I/2017. “Kira-kira akan selesai Februari 2017. Bersamaan dengan kami menyelesaikan people mover integrated pada terminal 1, 2, dan 3,” katanya.

Proyek senilai Rp2,7 triliun sekarang tengah dalam tahap pembebasan lahan. Total luas lahan yang harus dibebaskan sekitar 7 hektare. Di wilayah Kota Tangerang sendiri, total lahan yang perlu dibebaskan mencapai 815 bidang tanah, dengan nilai ganti rugi Rp1,3 triliun. Secara keseluruhan untuk tanah seluas 36 ha tersebut meliputi lima kecamatan dan delapan kelurahan.

PT Angkasa Pura II dan PT Kereta Api Indonesia membentuk perusahaan patungan PT Railink dengan komposisi saham masing-masing dan 40% dan 60%. Perusahaan tersebut nantinya akan mengoperasikan rel kereta api bandara.


Rute Kereta Bandara Soekarno Hatta


Kereta Bandara Soekarno Hatta direncanakan bakal melalui 4 stasiun tempat naik dan turunnya penumpang, empat stasiun tersebut adalah sebagai berikut :

Dari Jakarta Ke Bandara Soekarno Hatta - Stasiun Utama Manggarai - Stasiun Sudirman Baru - Stasiun Duri - Stasiun Batu Ceper - Bandara Soekarno Hatta. Dari stasiun Manggarai penumpang bisa transit dan melanjutkan perjalanan dengan kereta tujuan lainnya, seperti Bekasi atau ke Bogor.


Menggunakan Produk PT INKA


Kereta Bandara Soekarno Hatta di rancang dan dibangun oleh PT. INKA dengan menggunakan mesin Bombardier dari Jerman. Nantinya, jalur KA akan terhubung dengan terminal 1,2 dan 3, melalui bus, Automated Peopie Mover System dan Sky Connecting.

Panjang total jalur KA Soetta itu mencapai 36,3 km itu. Dari angka tersebut, sepanjang 26 km merupakan jalur eksisting sedangkan 12,3 km lainnya merupakan ruas baru.


Kereta Bandara Soekarno Hatta bakal beroperasi setiap hari mulai pukul 04.00 WIB hingga 0.00 WIB. Waktu perjalanan KA Soetta diperkirakan antara 50 menit-60 menit. PT Railink Indonesia memperkirakan kereta api bandara Soekarno-Hatta mampu mengangkut 80 persen dari kapasitas 13.700 penumpang setiap hari. Adapun, jumlah perjalanan untuk jalur itu mencapai 122 KA/hari.

Sumber Image : Railink.co.id
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook

1 komentar :

  1. Terimakasih untuk info yang bermanfaat.
    http://www.arkostudioarsitek.com/

    BalasHapus