Pemerintah Targetkan Pertengahan 2018 Tol Trans Jawa Rampung

Jalan Tol Trans Jawa
Untuk memenuhi target, pengerjaan proyek jalan tol Trans Jawa terus dikebut. Sebagai informasi jala tol ini mencakup 10 ruas dan ditargetkan di bulan Juni 2018 semuanya sudah bisa tersambung.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, optimistis bakal bisa merealisasikan target. Pasalnya, masalah klasik yang selama ini kerap muncul, pembebasan lahan, sudah bisa ditangani.

Basuki memaparkan rincian pembebasan lahan, untuk Solo-Kertosono atau dari Salatiga ke Solo Kartosuro itu sudah 97% lebih lahan (dibebaskan). “Ada yang 100% tapi rata-rata 97% lebih. Juga di Kartosuro-Sragen-Ngawi sudah 93% lebih. Jadi Insya Allah target 2018 Trans Jawa bisa tercapai," katanya.

Salah satu ruas tol Trans Jawa yang mayoritas lahannya sudah bebas dan sedang dibangun adalah Semarang-Solo seksi III Bawen Salatiga. Ruas ini ditargetkan bisa mulai beroperasi sebelum musim mudik Lebaran tahun ini. Saat ini progress pengerjaan konstruksi seksi III sudah mencapai 90,48%.

Hingga saat ini dari ruas tol Semarang-Solo, 2 seksi yang telah beroperasi adalah seksi I Ruas Semarang-Ungaran (10,85 km) yang telah dioperasikan sejak 11 November 2011, serta seksi II Ruas Ungaran-Bawen (11,9 km) yang telah dioperasikan sejak 4 April 2014.

Sementara untuk seksi IV Salatiga-Boyolali (24,47 km) progres pembebasan lahan 97,6%, dan seksi V Boyolali-Kartasura (7,74 km) lahan yang sudah dibebaskan 98,92%. “Juga Kartosuro-Sragen-Ngawi sudah 93% lebih. Insya Allah target 2018 Trans Jawa bisa tercapai,” kata Basuki.
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :