Tips Cerdas Membeli Rumah Idaman

Desain rumah tipe 40  082227972211
Memutuskan membeli rumah bukanlah suatu perkara yang mudah. Harga rumah yang mencapai ratusan juta, pastinya membutuhkan pemikiran yang matang dan berkali-kali agar tidak menyesal di kemudian hari. Ya, pembelian rumah sebaiknya membutuhkan banyak pertimbangan, bukan hanya dari harga yang murah saja, beberapa hal terkait rumah yang akan dibeli juga harus diperhitungkan.

Bagi anda yang tengah mempersiapkan diri untuk membeli rumah sebagai hunian atau properti untuk dijual kembali, sebaiknya perlu memperhatikan beberapa hal yang penting sebelum memutuskan “deal” dengan penjual. Berikut adalah trik cerdas bagi anda sebelum membeli rumah ideal. Simak selengkapnya disini!

1. Akses Lokasi

Pertimbangan mengenai lokasi adalah hal yang paling utama. Jika anda ingin sebuah hunian untuk tempat tinggal selama bekerja, maka pastikan rumah akan bisa dijangkau dengan mudah dari tempat bekerja. Akses rumah yang dituju juga harus teridentifikasi dengan baik dan pastikan bahwa rumah tersebut memiliki jarak yang tidak terlalu jauh dengan fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, pemakaman, dan jauh dari tempat pembuangan sampah atau limbah.

2. Budget dan Harga Rumah

Anda perlu mengetahui biasanya rumah dengan tipe yang sama justru memiliki harga yang berbeda. Hal tersebut dikarenakan adanya pertimbangan pada lokasi rumah, serta beberapa hal pendukung lainnya dari rumah tersebut. Untuk menyikapi hal ini, sebagai pembeli anda bisa memperhitungkan bahwa harga rumah yang murah tidak selamanya menguntungkan. Banyak faktor lain yang membuat rumah tersebut layak dihargai mahal dan murah. Ada baiknya anda tetap menawar terlebih dulu untuk mendapatkan harga yang sesuai sambil memikirkan pertimbangan lain.

3. Periksa Bangunan

Jika yang akan anda beli adalah sebuah rumah bekas huni, maka yang penting dilakukan adalah dengan memeriksa kualitas bangunan. Mulai dari dinding, atap yang bocor, tanah, hingga kusen pintu dan jendela. Pastikan beberapa bagian tersebut masih dalam kondisi yang bagus dan aman. Pengamatan pun tidak cukup dilakukan sekali, sehingga anda lebih kurang bisa memeriksanya sata sudah sepakat dengan harga dan kelengkapan lainnya. Pondasi atau bagian rumah yang penting tersebut akan meminimalkan budget anda dalam perbaikan ke depannya.

4. Lebih Teliti

Anda sudah puas dan yakin akan membeli rumah tersebut? Langkah terakhir yang harus dilakukan adalah memastikankeaslian sertifikat atau surat-surat terkait dengan rumah tersebut. Perhatikan juga biaya pajak yang harus dibayar setiap tahunnya agar anda bisa memperkirakan pengeluaran rutin di waktu berikutnya.

Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, pembelian rumah memang membutuhkan proses yang lama serta pertimbangan yang berulang. Untuk itu disarankan juga agar mencari referensi sebanyak-banyaknya supaya terhindar dari penyesalan di suatu hari. Demikian artikel informatif yang bisa anda praktikkan sebelum memutuskan membeli rumah. Semoga bermanfaat!

Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :