Tips Memilih Material Sebelum Membangun

Untuk menghasilkan bangunan yang kuat, dan sesuai persyaratan teknis hal yang tak boleh diabaikan adalah pemilihan bahan bangunan berkualitas bagus. Berikut ini informasi singkat material bermutu tinggi:

1.   Semen (portland cement) : Sebenarnya hampir semua semen yang ada di pasaran memiliki kualitas dan harga yang tak jauh beda. Meski demikin untuk lebih memastikan hasil yang lebih bagus sebaiknya Anda bermain aman saja dengan memilih semen yang sudah banyak dikenal masyarakat.

2.    Besi : Di pasaran dikenal berbagai macam ukuran besi. Namun tak semua besi beredar memiliki sertifikasi SNI. Ada baiknya Anda memilih besi beton yang sudah teruji kekuatannya dan memiliki label SNI. Selain besi SNI di pasaran ada juga besi “banci”.
Untuk mengenali seperti apa besi “banci” ada beberapa hal yang bisa Anda amati :  Seperti yang pernah ditulis oleh KONTAN.


Pertama soal spesifikasi produk. Produsen nakal biasa memainkan spesifikasi baja sirip yang menjadi ciri khas baja tulangan beton (BjTB). Ciri khas sirip itu dicetak melalui pengecoran pada baja untuk keperluan umum (BjKU) yang belum wajib SNI. Dengan pengecoran sirip pada badan baja maka akan didapat produk BjKU berbentuk BjTB yang jauh lebih murah. Padahal, kandungan mekanis dan teknis untuk memproduksi BjTB jauh berbeda dengan BjKU. Baja untuk keperluan konstruksi alias BjTB mendapatkan perlakuan mekanis dan teknis agar memiliki ketahanan beban dan gempa.

Kriteria kedua, teridentifikasi dari diameter produk. Aturan SNI mempersyaratkan toleransi ukuran diamater ± 1%, tapi produsen nakal mendiskon ukuran diameter. Misalnya, BjTB S10 yang artinya BjTB sirip berdiameter 10 milimeter (mm). Ukuran produk itu didiskon menjadi 9,1 mm.

Kriteria ketiga, melalui pemotongan panjang produk. Seharusnya sesuai SNI produk BjTB memiliki panjang 12 meter, maka produsen nakal akan memotongnya menjadi 11,5 meter misalnya.

Selain kriteria tersebut, konsumen bisa mengenali produk melalui cetakan timbul logo produsen (emboused). Misalnya, Master Steel dicetak MS, Krakatau Steel dicetak KS, dan Cakra Steel dicetak CS. Logo itu tidak dicat pada produk, tapi merupakan cetakan timbul.

 Pasir : Pasir yang baik harus bersih dari kandungan lumpur. Biasanya warna pasir jika mengandung lumpur cenderung kecoklatan. Jika kandungan lumpur lebih dari 5 % pasir harus dicuci terlebih dahulu sebelum digunakan.


4.      Bata Merah : Bata merah yang bagus memiliki ciri keras, tidak mudah pecah dan  ukurannya seragam. 
Tulis Komentar
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

Tidak ada komentar :